UTBK 2021

Tes UTBK 2021 berlangsung pada 12 April hingga 4 Mei 2021. Hampir 800 ribu peserta berjuang agar dapat menempuh pendidikan di kampus impiannya.

Namun, seperti yang diketahui kalau Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) tentu bukan hal mudah, kamu harus ekstra mempersiapkan segala sesuatu mengingat persaingannya yang sangat ketat.

Terlebih lagi, UTBK 2021 kali ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Hal tersebut tentu menjadi tantangan tersendiri untuk para peserta.

Akan tetapi, kamu harus tetap fokus agar dapat menjawab seluruh pertanyaan ujian. Dengan begitu, kuliah di kampus idaman tentu bukan lagi sekedar impian.

Oleh karena itu, kali ini Pintek ingin memberikan beberapa tips mengerjakan tes UTBK 2021 meski sedang menjalankan ibadah puasa.

1. Menjaga kesehatan

UTBK 2021 - Menjaga kesehatan

Di tengah kondisi pandemi Covid-19, pentingnya kamu tetap menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan 5M yaitu:

  • Memakai masker,
  • Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir,
  • Menjaga jarak,
  • Menjauhi kerumunan,
  • Membatasi mobilisasi dan interaksi.

Hal tersebut bertujuan untuk menekan angka penularan Covid-19. Kebayang gak sih menjelang tes UTBK 2021 kamu dinyatakan positif Covid-19.

Pasalnya untuk dapat mengikuti tes UTBK, para peserta diwajibkan untuk membawa hasil tes swab antigen yang memang menunjukkan kalau peserta bebas Covid-19. Apabila peserta tidak membawa hasil tes, maka ia tidak diperbolehkan mengikuti ujian.

Baca Juga: Pandemi Bukan Halangan Menuntut Ilmu, 5 Situs Belajar Online ini Bisa Jadi Pilihan!

2. Persiapkan diri dengan baik

Selain menjaga kesehatan, kamu juga harus mempersiapkan diri dengan baik menjelang tes UTBK 2021. Nah, salah satunya yaitu dengan membiasakan diri untuk mengerjakan soal di waktu yang sama dengan jadwal ujian kamu.

Misalnya, kamu mendapat jadwal pagi untuk mengikuti tes UTBK 2021, kamu bisa mulai membiasakan untuk tidak tidur setelah sahur. Agar lebih segar dan fresh, kamu bisa langsung mandi dan langsung mengerjakan soal-soal persiapan tes.

Dengan melakukan persiapan tersebut, maka kamu akan menjadi terbiasa dengan kondisi mengerjakan ujian saat puasa. Jika tidak bisa-bisa kamu mengantuk saat tes dan alhasil kamu tidak dapat mengerjakan seluruh tes dengan maksimal.

3. Gunakan masker yang nyaman dan aman

Tips selanjutnya agar dapat mengerjakan seluruh soal tes UTBK 2021 dengan optimal meski sedang berpuasa yaitu dengan menggunakan masker yang nyaman buat kamu tapi tetap harus aman ya dan sesuai dengan standar dari Pemerintah.

Pasalnya, salah memilih masker tentu akan mempengaruhi fokus kamu saat mengerjakan tes. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan coba latihan mengerjakan soal dengan mengenakan masker.

Dengan begitu, kamu akan mengetahui dan melatih kamu saat mengerjakan tes menggunakan masker.

4. Penuhi semua syarat

UTBK 2021 - Penuhi semua syarat

Untuk mengikuti tes UTBK 2021, terdapat sejumlah persyaratan yang sudah ditentukan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) dan Pusat UTBK dan harus dipatuhi oleh para peserta.Khususnya, kelengkapan ujian dan protokol kesehatan.

Ada beberapa Pusat UTBK yang memiliki syarat berbeda, seperti hasil tes antigen, surat keterangan dokter dan lainnya. Pastikan semua syarat itu sudah siap sebelum hari pelaksanaan tes UTBK.

Selain itu, kamu juga harus mencetak kartu peserta UTBK SBMPTN 2021 dan bagi siswa yang lulus di tahun 2021 yang sudah mendapatkan jadwal tes tapi belum memiliki Surat Keterangan Lulus dari sekolah, maka dapat membawa Surat Keterangan Kelas 12.

Namun, surat keterangan tersebut harus surat asli yang disertai dengan foto siswa berwarna ukuran 4×6 yang terbaru. Tak hanya itu, pada Surat Keterangan Lulus juga harus ada stempel atau cap dari sekolah dan tanda tangan dari kepala sekolah.

Pasalnya, surat tersebut merupakan persyaratan wajib yang harus dibawa oleh siswa pada saat pelaksanaan UTBK SBMPTN 2021.

Baca Juga: Materi Ujian UTBK SBMPTN 2021 dan Surat Penting yang Wajib Dibawa Peserta!

5. Survei lokasi tes UTBK 2021

Agar pelaksanaan tes dapat berjalan optimal, maka ada baiknya kamu melakukan survei lokasi tempat UTBK secara langsung satu hari atau beberapa hari sebelum tes berlangsung.

Hal tersebut bertujuan agar kamu tidak membuang waktu mencari lokasi tes saat kamu akan melaksanakan tes ujian UTBK 2021.

6. Fokus dan jangan panik

Saat mengerjakan tes, bisa jadi kamu akan menemukan soal yang sulit. Intinya jangan panik dan tetap fokus mengerjakan soal.

Namun, apabila kamu “mentok” sebaiknya jangan terpaku hanya pada satu soal aja. Kamu bisa lewatkan soal tersebut dan mengerjakan soal selanjutnya. Kamu dapat mengerjakan kembali saat sudah mengerjakan soal.

Pasalnya, jika kamu hanya fokus mengerjakan soal yang itu saja, bisa-bisa waktu kamu keburu habis dan malah jadinya tidak menjawab soal-soal yang lainnya. Hal itu, tentu saja akan sangat merugikan kamu.

Begitu juga saat dihadapkan dengan hal yang di luar rencana, seperti telat, ditegur pengawas atau kelupaan membawa sesuatu. Kamu harus tetap tenang, move on, dan fokus pada apa yang sedang dikerjakan.

7. Jangan lupa berdoa

Kurang lengkap rasanya jika berusaha tanpa berdoa. Terlebih doa bisa menjadi cara efektif untuk membuat kamu tenang dan tidak khawatir secara berlebihan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk berdoa sebelum mengerjakan seluruh tes ujian UTBK 2021. Jika tenang, maka kamu akan bisa menjawab seluruh soal dengan baik.

Tes UTBK 2021 memang menjadi kesempatan untuk para calon mahasiswa agar dapat kuliah di Perguruan Tinggi Negeri favoritnya. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengikuti bimbingan belajar. Tak perlu khawatir soal dana karena kamu bisa mengandalkan Pintek untuk mengatasi masalah biaya pendidikan kamu termasuk untuk biaya bimbel.

Jadi Pintek akan membayar biaya kursus kamu langsung ke lembaga yang kamu pilih, selanjutnya kamu bisa membayar kembali ke Pintek dengan cara dicicil dengan tenor cicilan mencapai 24 bulan.

Buat kamu yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi situs resmi Pintek atau menghubungi tim Pintek melalui telepon dan WhatsApp di nomor 021-50884607.

Bagikan artikel ini apabila bermanfaat