Frequently Asked Questions

Pintek Students merupakan produk pinjaman tanpa agunan digunakan untuk membayar segala keperluan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri/Swasta atau Lembagai sertifikasi.
Pinjaman Pendidikan Pintek adalah salah satu produk Pintek yang memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk merencanakan pembiayaan pendidikan dengan cara dicicil.
Cara cicil:
  • Reg - uang pangkal dan uang semester bisa dicicil sewaktu kuliah. Uang pangkal bisa dibayar hingga 12x, sedangkan uang semester bisa hingga 6 bulan.
  • Pro - buat kamu yang kuliah sertifikasi atau sudah tahun terakhir dan sudah mendapatkan pekerjaan - bisa juga cicil waktu kerja. Waktu kamu kuliah, cukup bayar bunganya saja, Hanya untuk Intitusi pendidikan tertentu.
Pintek telah bekerjasama dengan banyak Institusi pendidikan untuk membantu Peserta didik perihal pembayaran cicilan dengan pihak sekolah. Beragam fitur teknologi yang ditawarkan Pintek untuk kemudahan pembiayaan pendidikan menempatkan Pintek sebagai agen perubahan dalam dunia pendidikan Indonesia dengan membantu mewujudkan cita-cita generasi penerus bangsa.1.Pendapatan orang tua saya tidak cukup. Apakah saya masih bisa pinjam dari Pintek?
Bisa, dengan mencari sanak saudara lainnya (paman, tante, dsb) dalam 1 Kartu Keluarga yang memiliki pendapatan (baik bekerja sebagai pegawai swasta atau negeri atau wiraswasta) sebagai peminjam
Ya, Dokumen-dokumen tersebut dapat membantu kami dalam melakukan verifikasi dan analisa kemampuan pembayaran kembali Anda, sehingga kami mampu menawarkan produk pinjaman yang cocok dengan Anda.
Kami dapat menjamin keamanan data pribadi yang Anda berikan kepada kami, karena kami telah memperoleh sertifikasi ISO 27001:2013, dimana kami telah menerapkan sistem manajemen keamanan informasi yang memenuhi standar dalam menjaga keamanan data Anda.
Saya pernah melakukan pengajuan pinjaman di Pintek, apakah bisa menggunakan data yang sebelumnya?
Jika penjamin lancar dalam pembayaran cicilan pinjaman, maka Peminjam dapat mengajukan pinjaman sesuai data yang sudah diinput di website www.pintek.id, cukup logIn dan ajukan pinjaman lain yang dibutuhkan.
  • Jika peminjam pegawai swasta/ negeri:
    • KTP Peminjam
    • Selfie dengan KTP Peminjam
    • Kartu Keluarga
    • Mutasi rekening 3 bulan terakhir
    • Slip gaji 2 bulan terakhir (pengajuan <10 Juta)
  • Jika penjamin wirausaha
    • KTP Peminjam
    • Selfie dengan KTP Peminjam
    • Kartu Keluarga
    • Mutasi rekening 3 bulan terakhir
    • Foto usaha
    • Surat Izin Usaha ( SIUP/TDP/ Surat izin dari kelurahan)
  • Dokumen wajib tambahan (Non- Partner) :
    • Kartu Tanda Mahasiswa/ bukti penerimaan mahasiswa baru
    • Bukti Tagihan Kampus
    • Tata cara pembayaran uang kuliah ke kampus terkait
  • Mutasi rekening koran 3 bulan terakhir yang berisi informasi penggajian atau pendapatan dari peminjam
    Untuk pengajuan, baiknya atau disarankan 14 hari kerja sebelum pencairan ke institusi terkait
  • WNI (Warga Negara Indonesia)
  • Umur di atas 21 thn, maksimal 60 tahun
  • Meimiliki Penghasilan yang tercemin pada slip gaji dan mutasi rekening Bank minimal Rp. 3.000.000,- / bulan.
  • Dalam proses analisa risiko kredit Pintek akan menilai bagaimana kemampuan membayar peminjam/penjamin dengan besaran nilai pinjaman yang diajukan oleh peminjam/penjamin untuk menghindari potensi gagal bayar di masa yang akan datang.
  • Pastikan peminjam/penjamin tidak memiliki riwayat kredit yang buruk, jika ada, sangat dianjurkan untuk segera menyelesaikan nya terlebih dahulu.
  • Melengkapi dokumen dengan lengkap dan benar
  • Siapa aja bisa bisa mendapatkan grace period denda maksimal 3 hari dari jatuh tempo, setelah itu apabila peminjam masih belum bisa melunasi pinjaman akan dikenakan denda 0,5% per hari.
    Peminjam harus melampirkan surat pernyataan dari perusahaan tempat dimana dia bekerja sebagai bukti bahwa peminjam berstatus karyawan tetap di perusahaan tersebut, atau memberikan izin kepada peminjam untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan jaminan apabila setelah program pendidikan selesai akan diangkat menjadi karyawan tetap.
    Jika permohonan pinjaman Anda disetujui, Anda akan mendapatkan bukti transfer dari kami melalui email
    Pengajuan pinjaman anda ditolak dikarenakan Pintek menilai belum adanya kemampuan peminjam/penjamin untuk menggunakan atau melunasi pinjaman sesuai dengan analisa risiko berdasarkan dokumen-dokumen yang telah dilengkapi oleh peminjam.
    Seperti Pendapatan peminjam dibawah Rp. 3.000.000,- per bulan, atau peminjam memiliki riwayat kredit yang buruk dengan Bank atau Lembaga Keuangan Non Bank, dan berbagai faktor yang mempertimbangkan kemampuan membayar Peminjam itu sendiri.
    Bisa, anda dapat mengajukan pinjaman kembali dengan cara mengganti penjamin, dan pastikan juga untuk kembali melengkapi semua persyaratan dan data penjamin yang baru dengan baik dan benar.
    1. Tabel cicilan terdapat di agreement,
    2. Tabel cicilan di lihat di webite, customer harus login menggunakan email dan password yang sama dengan pada waktu mengajukan pinjaman
    Anda dapat melakukan pembayaran cicilan ke nomor rekening bank yang sudah ditentukan di dalam Perjanjian Pinjaman
    Jika memang sudah lunas, anda tinggal menunggu surat pelunasan yang akan dikirimkan melalui email.
    Anda cukup LogIn ke website www.pintek.id dan upload dokumen tagihan pembayaran seperti pengajuan sebelumnya, tunggu konfirmasi dari tim pintek.
    Pintek tidak membebaskan Peminjam/Penjamin untuk mendapatkan data mutasi rekening selama 3 bulan terakhir, apakah itu langsung ke Kantor cabang terdekat, internet banking, ataupun mobile banking jika Bank tersebut menyediakan data mutasi rekening selama 3 bulan terakhir di Mobile Banking bank peminjam/penjamin. Untuk lebih aman dan cepat Peminjam/penjamin dapat memprint di Kantor cabang terdekat.
    Untuk mendapatkan mutasi rekening koran 3 bulan terakhir tersebut bisa diperoleh melalui customer service bank terkait atau mendownload melalui aplikasi mobile/internet banking dari bank terkait.
    Pintek telah bermitra dengan lebih >80 Institusi pendidikan untuk membantu Orang tua murid dan Mahasiswa untuk melakukan pembayaran cicilan dengan pihak sekolah. Pintek menjadi agen perubahan dalam dunia pendidikan Indonesia, Pintek membantu mewujudkan cita-cita generasi penerus bangsa.
    Pintek telah bermitra dengan lebih >80 Institusi pendidikan untuk membantu Orang tua murid dan Mahasiswa untuk melakukan pembayaran cicilan dengan pihak sekolah. Pintek menjadi agen perubahan dalam dunia pendidikan Indonesia, Pintek membantu mewujudkan cita-cita generasi penerus bangsa.
    Pintek Insitutions merupakan Pinjaman Pendidikan untuk Institusi yang bergerak di bidang Pendidikan. Institusi tersebut termasuk Lembaga Pendidikan maupun penyedia produk atau pun layanan pendukung pendidikan, contohnya buku, edutech, laboratorium, sarana/pra-sarana, infrastruktur, kontraktor, dsb.
    Pintek Institutions dapat digunakan untuk membayar segala keperluan pembiayaan pendidikan bagi institusi/lembaga/yayasan/pendidikan dengan skema seperti dana talangan (bridging finance), Invoice Financing, Receivable Financing, Purchase Financing, dan Investment/Project Financing.
    Pintek telah bermitra dengan lebih >80 Institusi pendidikan untuk membantu Orang tua murid dan Mahasiswa untuk melakukan pembayaran cicilan dengan pihak sekolah. Pintek menjadi agen perubahan dalam dunia pendidikan Indonesia, Pintek membantu mewujudkan cita-cita generasi penerus bangsa.
    Adapun jumlah pinjaman yang akan diterima oleh peminjam menyesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya jumlah pinjaman yang dapat di cairkan sebesar 80% dari nilai proeject.
    Pintek mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam menganalisis peminjam sejak dini. Seringkali penyebab aplikasi pinjaman ditolak adalah karena peminjam memiliki catatan buruk dengan bank atau lembaga keuangan lainnya dan peruntukan pinjaman berupa Project, Bisnis atau pun usaha terlalu berisiko.
    Pintek menganjurkan peminjam untuk tetap disiplin dalam membayar cicilan. Selain mengakibatkan kerugian secara finansial berupa biaya tambahan, hal tersebut akan berdampak pada credit history bagi applicants itu sendiri di kemudian hari.
    Jangan khawatir, karena ada kesempatan untuk restrukturisasi hutang. Langsung hubungi PIC Pintek Anda untuk diskusi lebih lanjut tentang kemampuan bayar Anda. Dengan keterbukaan Anda, Pintek juga akan dengan lebih mudah memberikan solusi pelunasan pinjaman sesuai dengan situasi dan kondisi Anda.
    Karena Proses pengajuan pinjaman Pintek cepat, mudah, flexible, dan aman karena Pintek tidak hanya memberikan pinjaman pendidikan semata tetapi ikut menjembatani applicant dengan biaya-biaya sebelum pencairan kredit.
  • Diskusi kebutuhan dana dengan Team Pintek
  • Menyiapkan dokumen Institusi
  • Penawaran
  • Agreement
  • Pinjaman telah dapat digunakan
  • a. Formulir Pengajuan Pinjaman
      Perlu ditandatangani oleh direksi dan pemegang saham untuk verifikasi credit history
    b. Dokumen identitas institusi, seperti …
    c. Dokumen terkait keuangan perusahaan, seperti ...
    a. Pastikan bahwa tidak ada tunggakan pada kartu kredit atau KPR, atau pinjaman lainnya yang sedang berjalan. Jika masih ada tunggakan, maka segera dilunaskan sebelum mengajukan pinjaman.
    b. Kami memahami bahwa dalam suatu usaha ada pasang surutnya. Oleh karena itu kami memperhitungkan karakter kepemimpinan dalam manajemen usaha tersebut ataupun pemegang saham, ataupun penjamin pinjaman tersebut.
    c. Yang diutamakan adalah komitmen dan kemampuan membayar kembali
  • Jaminan Pribadi (Personal Guarantee)
  • Jaminan Perusahaan (Corporate Guarantee)
  • Jaminan Piutang (FIducia[h]/Cessie)
  • Jaminan Sistem Pembayaran (Standing Instruction/Penyaluran Pembayaran)
  • Cek/GIro
  • a. Karena kami ada proses penanggulangan resiko yang berbeda dengan bank.
      Pencairan dana ke vendor
    Call Us->