Pintek Logo
 
TKB90: 99.85%

LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN PINTEK

A. PENDAHULUAN

Halo Pinters! Selamat Datang di Layanan Pengaduan Konsumen Pintek!

Layanan Pengaduan Konsumen Pintek ini dibentuk dan dikelola berdasarkan ketentuan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 18/POJK.07/2018 tentang Layanan Pengaduan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan dan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan No. 2/SEOJK.07/2014 tentang Pelayanan dan Penyelesaian Pengaduan Konsumen pada Pelaku Usaha Jasa Keuangan.

Untuk mencapai tingkat kepuasan bagi Anda sebagai pengguna layanan dari Pintek, Pintek berupaya semaksimal mungkin untuk menampung dan mengatasi permasalahan yang dapat menghambat Anda dalam menggunakan layanan Pintek. Untuk itu, Pintek menyediakan suatu wadah khusus serta mekanisme untuk menangani pengaduan dari Anda, dikoordinasikan, dan diselesaikan oleh Unit Customer Care Pintek.

Sebelum mengajukan pertanyaan, memberikan saran atau kritik, maupun menyampaikan keluhan, kami sangat menyarankan Anda untuk dapat mempelajari terlebih dahulu rincian Layanan Pengaduan Pintek berikut ini.


B. SALURAN PENGADUAN YANG TERSEDIA

Anda dapat menghubungi Pintek untuk memperoleh informasi atau menyampaikan masalah melalui:

  • Formulir pada laman “Hubungi Kami”
  • Pada laman Hubungi Kami di situ web www.pintek.id, terdapat formulir yang dapat Anda isi apabila Anda memiliki pertanyaan, keluhan, atau kritikan. Mohon dapat sertakan identitas berupa nama, nomor telepon, dan alamat e-mail agar tim Customer Care Pintek dapat dengan mudah untuk menghubungi Anda kembali. Kami merekomendasikan saluran ini apabila Anda ingin melakukan pengaduan karena memudahkan kami dalam melakukan pelacakan.

  • E-mail
  • Anda dapat mengirimkan pengaduan Anda melalui e-mail ke customercare@pintek.id, Tim Customer Care Pintek akan segera merespons sesuai waktu operasional Pintek.

  • Telepon
  • Anda bisa langsung berkomunikasi dengan Tim Customer Care Pintek melalui telepon (021) 30060799 pada hari Senin – Jumat pukul 09.00 – 18.00 WIB mengikuti waktu operasional Pintek.


C. PENERIMAAN DAN TANGGAPAN PENGADUAN

Dalam memberlakukan layanan ini, Pintek mengklasifikasikan bentuk bantuan berdasarkan masalah yang Anda hadapi sebagai pengguna layanan Pintek.

Customer Care akan menyampaikan tanggapan pengaduan berupa:

  • Penjelasan permasalahan, dalam hal tidak terdapat kesalahan Perusahaan yang menyebabkan adanya kerugian dan/atau potensi kerugian pada Anda; dan/atau
  • Penawaran penyelesaian, dalam hal terdapat kesalahan Perusahaan yang menyebabkan adanya kerugian dan/atau potensi kerugian pada Anda

D. STANDAR WAKTU PENYELESAIAN PENGADUAN

Keseluruhan prosesnya dilakukan dengan mengikuti waktu operasional yang berlaku di Pintek.

Menyampaikan tanggapan dan solusi. Apabila aduan tersebut dapat diselesaikan secara langsung, maka tim Customer Care Pintek akan menyampaikan tanggapan dan solusinya secara langsung kepada Anda.

Menyampaikan tanggapan dan solusi secara terpisah. Apabila aduan tersebut memerlukan upaya atau tindak lanjut untuk dapat menyelesaikannya, maka tim Customer Care Pintek akan menyampaikan tanggapan terlebih dahulu bahwa aduan telah diterima dan akan diproses dalam waktu paling lama 5 (lima) hari kerja. Setelah aduan diselesaikan, tim Customer Care Pintek akan menghubungi melalui telepon dan/atau email untuk menginformasikan kepada Anda.

Pengaduan secara tertulis akan diselesaikan dalam waktu 20 (dua puluh) hari kerja setelah pengaduan tertulis diterima. Dalam hal kondisi tertentu, Pintek dapat memperpanjang waktu penyelesaian pengaduan Anda sampai dengan paling lama 20 (dua puluh) hari kerja berikutnya dengan menyampaikan pemberitahuan secara tertulis mengenai perpanjangan waktu tersebut kepada Anda sebelum jangka waktu 20 (dua puluh) hari kerja pertama berakhir


E. PENYELESAIAN PENGADUAN

Baik untuk kerugian yang bersifat materiil maupun non-materiil, penyelesaian pengaduan pasti akan diselesaikan terlebih dahulu oleh bantuan Tim Customer Care Pintek bekerja sama dengan unit-unit terkait. Apabila setelah melalui proses yang panjang Anda tetap merasa dirugikan atau penyelesaian dari Investree tidak bisa diterima, Anda berhak meminta bantuan kepada pihak ketiga yang dianggap mampu membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Bantuan dapat dimintakan melalui pengadilan maupun luar pengadilan yaitu Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang dimuat dalam Daftar Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan