Keuangan

Cara Tambah Kaya Untuk Karyawan Dari Rumah!

Seiring dengan semakin meningkatnya harga kebutuhan pokok sehari-hari, pastinya membuat banyak orang merasa pusing akan hal ini. Alhasil, mencari berbagai macam cara mendapatkan penghasilan tambahan agar bisa memenuhi segala kebutuhan pun dipilih sebagai salah satu solusinya. Ya, mencari sumber penghasilan tambahan selain gaji memang dianggap oleh sebagian orang sebagai solusi paling tepat, dibandingkan harus menekan pengeluaran atau hidup berhemat. Namun permasalahannya, tidak semua orang tahu bagaimana cara mencari penghasilan tambahan apalagi untuk karyawan kantoran yang sehari-harinya terikat dengan pekerjaan dan memiliki banyak kesibukan. Untungnya, di zaman yang sudah serba canggih ini segala permasalahan tersebut ada solusinya. Pasalnya, saat ini ada banyak sekali kegiatan sampingan yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang.

Cara mendapatkan penghasilan tambahan

Kecanggihan teknologi dan internet ternyata memberikan dampak cukup signifikan bagi kehidupan manusia saat ini. Salah satunya yaitu membuka peluang baru untuk kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan di samping gaji utama sebagai karyawan. Adapun beberapa cara mendapatkan penghasilan tambahan yang mungkin bisa coba kamu lakukan adalah seperti yang sudah dibahas selengkapnya berikut ini.

1.  Menjadi freelancer

Kerap kali dipandang sebelah mata oleh sebagian orang, tapi kenyataannya menjadi freelancer merupakan salah satu solusi terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi jika kamu sudah memiliki jam terbang yang tinggi di suatu bidang pekerjaan. Pasalnya, hal itu akan berpengaruh juga pada besaran upah yang bisa kamu dapatkan. Semakin banyak jam terbang yang kamu miliki, maka peluang untuk mendapatkan upah besar pun akan semakin terbuka lebar. Selain itu, mencari pekerjaan freelance pun kini jauh semakin lebih mudah karena saat ini ada banyak situs-situs penyedia job freelance yang dapat kamu kunjungi seperti misalnya Fiverr, Upwork, Sribulancer, Projects.co.id, dan masih banyak lainnya. Melalui situs-situs tersebut, kamu bisa menemukan berbagai job freelance dari berbagai bidang. Misalnya job di bidang desain grafis, web development, copywriting, penerjemah dan lain-lain. Tidak hanya mampu memberikan kamu peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan, melakukan pekerjaan sampingan sebagai freelancer juga bisa menambah relasi kamu dengan orang-orang profesional yang mungkin bisa memberikan keuntungan di masa depan. Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Internet Biar Cepat Jadi Orang Kaya!

2. Cara mendapatkan penghasilan tambahan dengan investasi

Selain dapat melindungi nilai mata uang dari inflasi, investasi juga dikenal mampu memberikan kamu passive income yang berasal dari fluktuasi harga efek di pasar modal. Investasi juga sering disebut-sebut sebagai salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan besar dan menjadi miliarder. Penilaian tersebut sebenarnya tidak sepenuhnya salah, karena seperti yang kita tahu bahwa hingga saat ini ada banyak sekali tokoh-tokoh investor terkenal dunia dan tanah air yang sukses menjadi miliarder. Sebut saja misalnya Warren Buffet, Lo Kheng Hong, hingga sederet artis dan pengusaha terkenal seperti Raditya Dika, Reino Barack, dan masih banyak lagi. Hal ini tentu membuat banyak orang semakin yakin bahwa investasi memang merupakan salah satu pilihan tepat untuk mendapatkan sumber penghasilan baru. Namun yang perlu diingat adalah, terjun ke dunia investasi pun harus dibekali dengan ilmu dan pemahaman yang cukup untuk meminimalisir risiko kerugian. Kamu juga harus cermat dalam memilih jenis instrumen investasi yang dirasa paling pas dengan profil risiko serta tujuan investasi. Bagi para pemula, instrumen investasi seperti reksadana pasar uang atau logam mulia, mungkin dapat menjadi pilihan terbaik karena kedua instrumen investasi tersebut dikenal memiliki risiko kerugian yang paling rendah, tapi juga hanya menawarkan return yang kecil.

3. Menjadi dropshipper atau reseller

Nah, kalau yang satu ini mungkin bisa menjadi pilihan untuk kamu yang mencari cara mendapatkan uang tanpa modal. Pasalnya, dengan sistem bisnis ini kamu jadi tidak harus membeli stok barang terlebih dahulu, kecuali calon pembeli sudah yakin ingin membeli barangnya dan telah mentransfer uang pembelian kepada kamu. Kamu bisa menjadi dropshipper dengan menjual berbagai barang milik supplier tanpa harus memiliki stok. Di sini kamu hanya perlu memanfaatkan platform online untuk berjualan. Kamu juga dapat menaikkan harga dari supplier saat menjualnya kepada customer, dan nilai itulah yang akan menjadi keuntunganmu. Berbeda dengan sistem bisnis dropshipper di mana kamu tidak perlu membeli stok barang, sistem reseller justru menuntutmu untuk memiliki stok produk. Dengan kata lain, kamu harus kulakan barang terlebih dahulu. Sistem reseller mungkin terasa lebih ribet, tapi kamu mempunyai lebih banyak keleluasaan seperti quality control produk ditangani sendiri, bisa berjualan offline, margin penjualan bisa lebih tinggi. Baca Juga: 5 Bisnis Modal Kecil di Tahun 2021 yang Hasilkan Jutaan Rupiah Setiap Hari!

4. Membangun bisnis sendiri

Jika kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah tapi tidak ingin bekerja di bisnis milik orang lain, maka membangun bisnissendiri adalah salah satu solusi terbaik yang dapat kamu lakukan. Selain itu, pekerjaan sebagai entrepreneur juga dinilai banyak orang sebagai salah satu pekerjaan yang masih sangat menjanjikan, apalagi jika kamu ulet dan konsisten. Bermodalkan networking dan produk yang menarik, kamu bisa membuat bisnis yang berpotensi digunakan oleh banyak orang. Setelah bisnis yang kamu bangun sudah memiliki pelanggan yang banyak, maka kamu pun dapat mulai mengembangkan dan memajukan bisnismu. Jika kamu membutuhkan pendanaan untuk bisnismu, Anda dapat mengajukan di Pintek sekarang! PT Pinduit Teknologi Indonesia, Pintek, adalah perusahaan teknologi finansial, fintech, yang menawarkan pendampingan kepada bisnis untuk maju dan #AmbilLangkahBesar dengan menyediakan akses pendanaan untuk kegiatan bisnis dari berbagai sektor seperti FMCG, Fesyen & Kecantikan, Bahan Bangunan dan sektor lainnya yang telah terdaftar dan diawasi OJK. Informasi menarik seputar Pintek bisa didapatkan dengan mengunjungi laman Instagram Pintek di @pintek.id.
Back to top button