Seiring dengan semakin meningkatnya harga bahan kebutuhan pokok sehari-hari, pastinya membuat banyak orang merasa pusing akan hal ini. Alhasil, mencari berbagai macam cara mendapatkan penghasilan tambahan agar bisa memenuhi segala kebutuhan pun dipilih sebagai salah satu solusinya.

Ya, mencari sumber penghasilan tambahan selain gaji memang dianggap oleh sebagian orang sebagai solusi paling tepat, dibandingkan harus menekan pengeluaran atau hidup berhemat.

Namun permasalahannya, tidak semua orang tahu bagaimana cara mencari penghasilan tambahan apalagi untuk karyawan kantoran yang sehari-harinya terikat dengan pekerjaan dan memiliki banyak kesibukan.

Untungnya, di zaman yang sudah serba canggih ini segala permasalahan tersebut ada solusinya. Pasalnya, saat ini ada banyak sekali kegiatan sampingan yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang.

Baca Juga: 7 Kerja Sampingan Sabtu Minggu untuk Mahasiswa Biar Punya Banyak Uang!

Cara mendapatkan penghasilan tambahan

Kecanggihan teknologi dan internet ternyata memberikan dampak cukup signifikan bagi kehidupan manusia saat ini. Salah satunya yaitu membuka peluang baru untuk kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan di samping gaji utama sebagai karyawan.

Adapun beberapa cara mendapatkan penghasilan tambahan yang mungkin bisa coba kamu lakukan adalah seperti yang sudah dibahas selengkapnya berikut ini.

1.  Menjadi freelancer

cara mendapatkan penghasilan tambahan jadi freelancer

Kerap kali dipandang sebelah mata oleh sebagian orang, tapi kenyataannya menjadi freelancer merupakan salah satu solusi terbaik untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi jika kamu sudah memiliki jam terbang yang tinggi di suatu bidang pekerjaan.

Pasalnya, hal itu akan berpengaruh juga pada besaran upah yang bisa kamu dapatkan. Semakin banyak jam terbang yang kamu miliki, maka peluang untuk mendapatkan upah besar pun akan semakin terbuka lebar.

Selain itu, mencari pekerjaan freelance pun kini jauh semakin lebih mudah karena saat ini ada banyak situs-situs penyedia job freelance yang dapat kamu kunjungi seperti misalnya Fiverr, Upwork, Sribulancer, Projects.co.id, dan masih banyak lainnya.

Melalui situs-situs tersebut, kamu bisa menemukan berbagai job freelance dari berbagai bidang. Misalnya job di bidang desain grafis, web development, copywriting, penerjemah dan lain-lain.

Kamu hanya perlu memilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki.

Tidak hanya mampu memberikan kamu peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan, melakukan pekerjaan sampingan sebagai freelancer juga bisa menambah relasi kamu dengan orang-orang profesional yang mungkin bisa memberikan keuntungan di masa depan.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Internet Biar Cepat Jadi Orang Kaya!

2. Cara mendapatkan penghasilan tambahan dengan investasi

cara dapat penghasilan tambahan untuk karyawan

Selain dapat melindungi nilai mata uang dari inflasi, investasi juga dikenal mampu memberikan kamu passive income yang berasal dari fluktuasi harga efek di pasar modal. Investasi juga sering disebut-sebut sebagai salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan besar dan menjadi miliarder.

Penilaian tersebut sebenarnya tidak sepenuhnya salah, karena seperti yang kita tahu bahwa hingga saat ini ada banyak sekali tokoh-tokoh investor terkenal dunia dan tanah air yang sukses menjadi miliarder.

Sebut saja misalnya Warren Buffet, Lo Kheng Hong, hingga sederet artis dan pengusaha terkenal seperti Raditya Dika, Reino Barack, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Raditya Dika Hingga Reino Barack, Ini Daftar Artis Indonesia yang Kaya Lewat Investasi!

Hal ini tentu membuat banyak orang semakin yakin bahwa investasi memang merupakan salah satu pilihan tepat untuk mendapatkan sumber penghasilan baru.

Namun yang perlu diingat adalah, terjun ke dunia investasi pun harus dibekali dengan ilmu dan pemahaman yang cukup untuk meminimalisir risiko kerugian.

Kamu juga harus cermat dalam memilih jenis instrumen investasi yang dirasa paling pas dengan profil risiko serta tujuan investasi.

Bagi para pemula, instrumen investasi seperti reksadana pasar uang atau logam mulia, mungkin dapat menjadi pilihan terbaik karena kedua instrumen investasi tersebut dikenal memiliki risiko kerugian yang paling rendah, tapi juga hanya menawarkan return yang kecil.

3. Menjadi dropshipper atau reseller

cara menghasilan uang tambahan tanpa modal

Nah, kalau yang satu ini mungkin bisa menjadi pilihan untuk kamu yang mencari cara mendapatkan uang tanpa modal.

Pasalnya, dengan sistem bisnis ini kamu jadi tidak harus membeli stok barang terlebih dahulu, kecuali calon pembeli sudah yakin ingin membeli barangnya dan telah mentransfer uang pembelian kepada kamu.

Kamu bisa menjadi dropshipper dengan menjual berbagai barang milik supplier tanpa harus memiliki stok. Di sini kamu hanya perlu memanfaatkan platform online untuk berjualan.

Kamu juga dapat menaikkan harga dari supplier saat menjualnya kepada customer, dan nilai itulah yang akan menjadi keuntunganmu.

Berbeda dengan sistem bisnis dropshipper di mana kamu tidak perlu membeli stok barang, sistem reseller justru menuntutmu untuk memiliki stok produk. Dengan kata lain, kamu harus kulakan barang terlebih dahulu.

Sistem reseller mungkin terasa lebih ribet, tapi kamu mempunyai lebih banyak keleluasaan seperti quality control produk ditangani sendiri, bisa berjualan offline, margin penjualan bisa lebih tinggi.

Baca Juga: 5 Bisnis Modal Kecil di Tahun 2021 yang Hasilkan Jutaan Rupiah Setiap Hari!

4. Membangun blog sendiri

cara mendapatkan penghasilan tambahan online

Jika kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah tapi tidak ingin bekerja di bisnis milik orang lain, maka membangun blog sendiri adalah salah satu solusi terbaik yang dapat kamu lakukan.

Meskipun saat ini konten dalam bentuk video sedang marak di kalangan masyarakat, tapi konten informasi dalam bentuk tulisan juga masih memiliki audience yang tidak kalah banyak.

Selain itu, pekerjaan sebagai blogger juga dinilai banyak orang sebagai salah satu pekerjaan yang masih sangat menjanjikan, apalagi jika kamu ulet dan konsisten membuat konten-konten menarik dan informatif.

Hanya bermodalkan keterampilan menulis dan ide-ide yang menarik, kamu bisa membuat blog yang berpotensi dikunjungi oleh banyak orang.

Jika blog yang kamu bangun sudah memiliki jumlah pengunjung yang banyak, maka kamu pun dapat mulai menjual jasa iklan di blog atau menulis artikel guna mempromosikan suatu produk atau jasa, sehingga kamu bisa mendapatkan uang dari aktivitas tersebut.

Namun, agar uang yang dihasilkan dari blog semakin besar, kamu juga harus rajin dan konsisten dalam memberikan konten-konten yang menarik.

5. Jualan online di SIPLah

cara mendapatkan penghasilan tambahan untuk karyawan

Mungkin selama ini kamu hanya mengenal Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lainnya sebagai beberapa contoh platform jualan online. Padahal selain ketiga platform tersebut, ada pula platform jualan online lainnya yang tidak kalah memberikan peluang keuntungan besar.

Platform tersebut adalah Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah). SIPLah adalah platform milik Kemendikbud yang bertujuan untuk mendukung proses Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) sekolah agar dapat berjalan lebih efisien dan efektif karena dilakukan secara online.

Baca Juga: Apa itu SIPLah, Tujuan Serta Keuntungan untuk Sekolah dan UKM Pendidikan!

SIPLah juga merupakan salah satu bentuk pengawasan PBJ sekolah yang dananya berasal dari dana BOS Kemendikbud.

Dengan kata lain, SIPLah merupakan platform yang dikhususkan bagi para satuan pendidikan dalam melakukan belanja online untuk memenuhi kebutuhan sekolah seperti pengadaan buku, alat tulis, laptop dan komputer, meja belajar, dan banyak lainnya.

Hal ini tentunya dapat menjadi peluang besar bagi kamu yang ingin terjun berjualan online dengan target pasar yang lebih besar yaitu satuan pendidikan dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Untuk mulai berjualan online di platform SIPLah, kamu bisa langsung mendaftar sebagai penjual di marketplace mitra SIPLah seperti BukaPengadaan by Bukalapak, SIPLah Blibli, SIPLah Toko Ladang, SIPLah Gramedia, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Daftar 18 Mitra SIPLah dan Keuntungan Bagi UKM Pendidikan, Dijamin Panen Cuan!

Jika sudah terdaftar sebagai penjual di salah satu atau bahkan beberapa marketplace mitra SIPLah tersebut, maka kamu pun bisa langsung berjualan berbagai barang hingga jasa yang dibutuhkan oleh sekolah.

Raih keuntungan dengan terjun di SIPLah

raih keuntungan dengan terjun di siplah

Untuk memenuhi seluruh kebutuhan aktivitas belajar mengajar, pihak sekolah umumnya akan melakukan pesanan dalam jumlah besar seperti membeli meja dan kursi belajar, alat tulis, dan lain sebagainya.

Sayangnya, pembeli terkadang harus dihadapkan dengan penolakan dari pihak penjual karena barang yang dipesan tidak tersedia atau stok kosong.

Seperti yang dilansir dari situs SIPLah Kemendikbud, dana yang terbatas menjadi salah satu masalah yang dialami oleh penjual. Kondisi tersebut tentu saja membuat peluang mengembangkan usaha penjual menjadi terhambat.

Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut Pintek hadir memberikan solusi kepada penjual SIPLah yang membutuhkan bantuan dana agar dapat lebih maksimal berjualan di SIPLah.

Pintek adalah perusahaan yang bergerak di bidang finansial teknologi yang menawarkan layanan keuangan untuk para pelaku usaha di sektor pendidikan sehingga dapat memenuhi seluruh permintaan dari satuan pendidikan.

Melalui produk PO/Invoice SIPLah dari Pintek, para pelaku usaha di sektor pendidikan bisa mendapatkan pendanaan hingga Rp 2 miliar dengan bunga kompetitif mulai dari 1,5% hingga 2,5% tergantung dari credit scoring.

Baca Juga: Apa itu Credit Scoring dan Bagaimana Cara Agar Pinjaman Disetujui?

Dana tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis UKM di SIPLah, LKPP, LPSE dan e-Katalog.

Segera kunjungi Pintek.id untuk mengetahui informasi lebih lengkap terkait pendanaan di Pintek atau melakukan diskusi dengan tim Pintek melalui TanyaPintek maupun menghubungi Pintek di nomor 021-50884607.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar Pintek dengan mengunjungi laman Instagram Pintek di @pintek.id dan @pintek.biz.