Pintek adalah fintech untuk pendidikan, dengan misi mendorong transformasi pendidikan melalui inovasi layanan keuangan.
Terdaftar dan Diawasi Oleh OJK sejak 2018,
Pintek menyediakan akses dana untuk pelajar/orang tua murid untuk biaya belajar (uang pangkal, uang semester, uang sekolah atau SPP, uang kursus, dsb.),
serta untuk lembaga pendidikan dalam pengembangan fasilitas, pengadaan buku, alat peraga, dsb.
Dengan layanan-layanan ini, Pintek berkomitmen untuk menjadi roda penggerak perkembangan pendidikan Indonesia.
PT Pinduit Teknologi Indonesia
Gedung Ling Brother Gallery | JL. Suryopranoto No 67 A,
Petojo Selatan Jakarta Pusat - 10160
Copyright © 2020 Pinduit Teknologi Indonesia
Halo Pinters! Pintek sangat menjunjung tinggi privasi Anda dan berkomitmen untuk melindungi Data Pribadi Anda.
Kebijakan Privasi ini mendeskripsikan bagaimana perlakuan Kami terhadap setiap Data Pribadi yang Anda berikan kepada Kami ketika menggunakan Layanan melalui Platform.
Untuk itu, Anda diwajibkan untuk membaca Kebijakan Privasi ini dengan seksama sebelum menggunakan Platform ini. Apabila Anda melanjutkan untuk menggunakan Layanan ini melalui Platform, maka Anda mengakui bahwa Anda telah membaca, memahami, dan menyetujui ketentuan dalam Kebijakan Privasi ini, dan oleh karena itu memberikan hak kepada Pintek untuk memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisa, menyimpan, menampilkan, mentransfer, mengungkapkan, dan/atau menghapus Data Pribadi Anda untuk tujuan sebagaimana dimaksud dalam Kebijakan Privasi ini sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada:
(a) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik sebagaimana terakhir diubah oleh Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016;
(b) Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik;
(c) Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik; dan
(d) setiap undang-undang terkait lainnya, termasuk setiap amendemen, tambahan atau variasi dari setiap peraturan perundang-undangan di atas dari waktu ke waktu.
Kecuali dinyatakan lain di dalam Kebijakan Privasi ini, yang dimaksud dengan:
“Akun Pengguna” adalah akun yang secara khusus digunakan sebagai identitas Anda dan mencatat kegiatan Anda ketika menggunakan Layanan ini, yang dilakukan dengan cara melakukan pendaftaran pada Platform;
“Asosiasi” adalah Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI);
“Data Pribadi” adalah data tentang seseorang baik yang teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik dan/atau nonelektronik, yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi secara langsung maupun tidak langsung seseorang;
“Institusi Pendidikan” adalah institusi pendidikan formal dan/atau non formal dimana murid mengenyam pendidikan.
“Layanan” adalah penyediaan layanan oleh Perusahaan melalui Platform ini untuk mempertemukan Pemberi Pinjaman dengan Peminjam untuk melakukan kegiatan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi;
“Pemberi Pinjaman” adalah setiap perorangan dan/atau badan hukum yang menggunakan Layanan ini untuk memberikan pinjaman kepada Peminjam;
“Peminjam” adalah setiap perorangan dan/atau badan hukum Indonesia, dengan tunduk pada Syarat dan Ketentuan, yang menggunakan Layanan ini untuk menerima pinjaman dari Pemberi Pinjaman;
“Pengguna” atau “Anda” adalah setiap orang yang mengunjungi, mengakses, dan/atau menggunakan Platform ini, baik sebagai Pemberi Pinjaman maupun Penerima Pinjaman ataupun pihak lain yang memiliki kepentingan terhadap Platform ini;
"Perjanjian Pinjaman" adalah perjanjian pinjam-meminjam antara Pemberi Pinjaman dan Peminjam sehubungan dengan Pinjaman Murid atau Pinjaman Institusi yang disediakan melalui Layanan Perusahaan secara elektronik;
“Perusahaan” atau “Pintek” atau “Kami” adalah PT Pinduit Teknologi Indonesia, perusahaan teknologi finansial yang menyediakan Layanan melalui Platform;
“Pinjaman Murid” adalah pinjaman yang diberikan oleh Pemberi Pinjaman kepada Peminjam untuk tujuan pembiayaan biaya pendidikan murid pada Institusi Pendidikan;
“Pinjaman Institusi” adalah pinjaman yang diberikan oleh Pemberi Pinjaman kepada Peminjam untuk tujuan modal kerja, pembiayaan tagihan, atau tujuan lainnya yang dapat ditentukan dari waktu ke waktu oleh Pintek;
“Platform” adalah mengacu pada situs web https://pintek.id, termasuk semua domain dan sub-domainnya;
“Syarat dan Ketentuan” adalah syarat dan ketentuan dari penggunaan Layanan kami pada Platform.
1. Pintek dapat memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi tentang Anda melalui:
2. Selain Data Pribadi Anda, Pintek juga dapat memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi para anggota keluarga, teman, pemegang saham, penerima manfaat, jajaran pengurus, penjamin Anda dan individu-individu lainnya yang berkepentingan melalui Anda.
3. Pintek dapat memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi sebagai berikut:
No | Informasi | Rincian | Tujuan |
---|---|---|---|
1 | Informasi pendaftaran | alamat surat elektronik (email) Pengguna | untuk membuat Akun Pengguna pada Platform serta untuk proses identifikasi dan verifikasi identitas Pengguna Akun. |
2 | Informasi ID Akun | nomor ID bagi Pengguna untuk mengakses Platform, tidak termasuk kata sandi (Password) Anda. | untuk membedakan penggunaan Layanan antar Pengguna atau dalam kondisi penggunaan perangkat yang sama oleh beberapa Pengguna; dan upaya preventif terjadinya penipuan/fraud. |
3 | Informasi pengajuan pinjaman |
Perseorangan (Pinjaman Murid)
Dokumen Identitas
a. Foto Kartu Tanda Penduduk (KTP), termasuk segala informasi yang
tercantum pada KTP;
b. Foto Kartu Keluarga (KK), termasuk segala informasi yang tercantum pada
KK;
c. Swafoto calon Peminjam dengan memegang KTP.
Dokumen Penghasilan (bagi Calon Peminjam yang berstatus Karyawan)
a. Slip gaji untuk 2 bulan terakhir, bagi calon Peminjam dengan pengajuan
pinjaman kurang dari Rp10.000.000 (sepuluh juta Rupiah); atau
b. Mutasi bank untuk 3 bulan terakhir atas nama calon Peminjam dengan pengajuan pinjaman Rp10.000.000 (sepuluh juta Rupiah) atau lebih.
Dokumen Usaha (bagi calon Peminjam yang berstatus Wirausaha/Profesional)
a. SIUP/TDP (jika masih berlaku)
b. NIB (pengganti SIUP/TDP)
c. Foto Usaha (produk, proses, lokasi usaha luar dan dalam, swafoto pemilik di Lokasi dan produk), serta;
d. Laporan keuangan dan nota penjualan.
*untuk jenis pengajuan pinjaman Rp100.000.000 (seratus juta Rupiah) atau lebih.
Dokumen Lembaga Penyelenggara Kegiatan Kursus/Sekolah
a. Bukti pendaftaran/penerimaan siswa baru dari institusi pendidikan bersangkutan, dan
b. Bukti tagihan pembayaran dari institusi pendidikan terkait, disertai dengan cara/sistem pembayaran (baik untuk yang belum bermitra maupun yang telah bemitra dengan Pintek dengan metode customed pricing)
Dokumen Pajak
NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak *untuk jenis pengajuan pinjaman Rp 30.000.000
(tiga puluh juta Rupiah) atau lebih.
Dokumen Lanjutan
Bukti jaminan atas kerja bagi calon Peminjam. *khusus untuk jenis Produk
Pendidikan Profesi “Pro”.
Badan Hukum/Usaha (Pinjaman Institusi)Dokumen Wajib
a. Informasi yang tercantum dalam Formulir Permohonan Pinjaman;
b. KTP (seluruh anggota direksi, komisaris, penjamin dan pemilik, serta
pemegang saham);
c. NPWP direktur;
d. Dokumen legalitas perusahaan dan/atau identitas badan hukum/usaha, termasuk di dalamnya akta pendirian badan hukum/usaha beserta akta perubahan anggaran dasar terakhir;
e. Surat izin yang masih berlaku berupa:
- SIUP/TDP (jika masih berlaku);
- SKDP (jika masih berlaku);
- NIB (pengganti SIUP/TDP); dan
- Surat izin usaha sesuai bidangnya.
Dokumen Lanjutan
a. Mutasi rekening koran usaha untuk 6 bulan terakhir;
b. Laporan keuangan dan rincian piutang, persediaan dan hutang dagang
yang ditandatangani manajemen untuk 2 tahun terakhir;
c. Identitas lengkap penjamin (apabila ada);
d. Company Profile dan riwayat hidup (CV) pengurus dan penjamin;
e. Foto key person, produk, aktivitas usaha dan lokasi usaha;
f. Kontrak/SPK/surat pemesanan/berita acara/invoice yang akan dibiayai;
g. Proyeksi keuangan (penjualan, operasional, pendanaan dan investasi)
untuk 1 tahun ke depan;
h. Rincian proyek yang akan dibiayai;
i. Surat penawaran/perjanjian kredit (SPPK) dari bank sebagai kreditur eksisting (jika ada)
|
untuk proses identifikasi dan verifikasi identitas diri calon Peminjam, dan menganalisa kemampuan pembayaran Pinjaman Peminjam. Melalui dokumen-dokumen dan data biometric. |
4. | Informasi melalui korespondensi | Informasi tambahan berupa identitas mengenai Anda dan/atau individu-individu lain yang berkepentingan sehubungan dengan pengajuan pinjaman, termasuk diantaranya, para anggota keluarga, teman, penerima manfaat, pemegang saham, jajaran pengurus, dan/atau penjamin Anda. | Untuk dijadikan sebagai informasi tambahan dalam rangka menganalisa kemampuan pembayaran Pinjaman Anda dan sebagai tolak ukur pertimbangan Pintek untuk memberikan Anda akses penggunaan Platform dan Layanan; untuk kemudian menyediakan fasilitas pinjaman kepada Anda melalui Platform; dan untuk memudahkan Pintek berkomunikasi dengan korespondensi-korespondensi tersebut sebagai bagian pertimbangan Pintek untuk menyediakan fasilitas Pinjaman kepada Anda melalui Platform. |
5. | Informasi pada saat menghadiri acara yang diselenggarakan oleh Pintek (apabila Anda berpartisipasi dalam acara tersebut) |
a. Informasi yang tercantum pada daftar hadir acara, termasuk namun tidak terbatas pada nama, alamat, nomor telepon, alamat email, dll;
b. Foto, rekaman video dan suara Anda pada saat Anda berpartisipasi dalam acara tersebut.
|
Untuk memudahkan komunikasi antara Pintek dengan Anda, apabila Anda membutuhkan informasi sehubungan dengan Layanan. |
Setiap penggunaan Data Pribadi Anda yang diperoleh dan dikumpulkan melalui Platform memiliki beberapa tujuan umum yang dapat dipertanggungjawabkan, diantaranya sebagai berikut:
1. Pintek berkomitmen untuk menjaga dan melindungi keamanan segala Data Pribadi Anda yang telah diberikan kepada Kami. Sebagai bentuk komitmen tersebut, Pintek telah memperoleh sertifikat ISO27001:2013, sehingga membuktikan bahwa Pintek telah memenuhi standar internasional dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi untuk melindungi kerahasiaan Data Pribadi Anda. Lebih lanjut, Kami juga memiliki pusat data pemulihan bencana, tempat dimana seluruh data pada pusat data Kami di-backup secara berkala, sehingga Kami dapat memastikan keberlanjutan penyediaan Layanan Kami meskipun terjadi suatu kejadian atau bencana alam yang dapat mengganggu operasional pusat data Kami.
2. Pintek memberikan sebuah kata sandi (atau Anda yang menentukan) yang memberikan Anda kemudahan untuk dapat mengakses setiap bagian tertentu dari Platform Pintek; Anda bertanggung jawab untuk memberlakukan kata sandi tersebut sebagai hal yang sangat rahasia dan tidak membagikan kata sandi tersebut kepada pihak yang tidak berkepentingan.
3. Perlu ditegaskan bahwa Meskipun Kami telah berusaha sebaik mungkin dalam menggunakan sarana dan sumber daya yang Kami miliki untuk melindungi informasi pribadi Anda, Kami tidak dapat menjamin keamanan tersebut sepenuhnya. Pengiriman data apapun adalah tanggung jawab Anda pribadi. Ketika Pintek menerima informasi Anda, Pintek akan menggunakan prosedur dan fitur kemanan sesuai standar keamanan internasional yang berlaku sebagai usaha untuk mencegah akses atau masuknya transmisi asing yang tidak bertanggung jawab.
1. Anda dapat melakukan pembaharuan Data Pribadi Anda dengan cara melakukan permohonan pembaharuan data kepada kami melalui customer care Pintek dengan disertai dokumen pendukung untuk melakukan pembaharuan informasi tersebut.
2. Apabila dianggap penting, Pintek juga dapat melakukan modifikasi atau perubahan sewaktu-waktu terhadap Data Pribadi Anda yang disimpan di dalam database Kami, dengan mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Anda. Hal ini termasuk, namun tidak terbatas pada pembaharuan identitas Anda, data pengajuan permohonan Pinjaman, dan dokumen-dokumen tambahan yang terkait dengan data pengajuan permohonan Pinjaman Anda.
1. Anda menyetujui dan memberikan kuasa kepada Pintek untuk memberikan segala dokumen, data, informasi, dan keterangan lainnya milik Anda, kepada pihak-pihak lain yang berkepentingan sehubungan dengan penyediaan Layanan, antara lain sebagai berikut:
No | Pihak-Pihak Lain | Tujuan |
---|---|---|
1 | Pihak penyelenggara Tanda Tangan Digital | Untuk dilakukan verifikasi sebagai pertimbangan dalam menerbitkan suatu sertifikat elektronik sehingga Anda dapat melakukan tanda tangan secara elektronik. |
2 | Pihak penyelenggara Jasa Verifikasi Data Biometrik | Untuk memastikan kesesuaian data Biometrik, yang meliputi data fisik dan perilaku orang perorangan yang masuk kedalam sistem Pintek, serta mendukung Pintek dalam memastikan keaslian Informasi Pengguna, dengan maksud membangun reputasi keuangan yang lebih holistik dan terbuka. |
3 | Pihak penyelenggara informasi kredit atau biro pemeringkat kredit | Untuk mendapatkan informasi pendukung dalam melakukan verifikasi data dan informasi, serta mendukung Pintek dalam melakukan penilaian kelayakan calon Lender untuk memberikan Pinjaman dan calon Borrower untuk dapat melakukan pembayaran Pinjaman. |
4 | Pemberi Pinjaman | Apabila diperlukan, untuk keperluan pertimbangan Pemberi Pinjaman dalam memberikan pendanaan kepada Peminjam. |
5 | Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan/atau Asosiasi | Apabila diperlukan, untuk keperluan investigasi permasalahan Pengguna atas penggunaan Layanan Pintek oleh Pengguna |
6 | Mitra di bidang Asuransi | Apabila diperlukan, untuk kebutuhan pengikutsertaan dalam produk asuransi, sehingga dapat menerbitkan polis asuransi untuk tujuan mitigasi risiko kualitas pinjaman bagi Pemberi Pinjaman |
7 | Mitra penyedia layanan penagihan eksternal | Untuk keperluan melakukan penagihan Pinjaman yang telah melewati batas jatuh tempo yang telah ditentukan oleh OJK dan/atau Asosiasi |
8 | Mitra penyedia layanan SMS | Untuk tujuan menyampaikan informasi sehubungan dengan layanan Pintek kepada Anda yang telah menjadi Pengguna melalui SMS |
9 | Mitra penyedia layanan pemeriksaan identitas Pengguna (KYC) | Untuk tujuan pemeriksaan identitas Pengguna dalam rangka pemenuhan prinsip KYC |
10 | Asosiasi – Fintech Data Center | Untuk tujuan pemenuhan kewajiban pelaporan data Pengguna sebagaimana ditentukan oleh OJK dan/atau Asosiasi. |
11 | Bank penyedia fasilitas Rekening Virtual | Untuk tujuan pembukaan rekening virtual bagi Pengguna. Dalam hal Lender, digunakan untuk melakukan pencairan Pinjaman dan dalam hal Borrower, digunakan untuk melakukan pengembalian Pinjaman dan pembayaran biaya-biaya lainnya. |
12 | Mitra penyedia perangkat lunak sebagai layanan customer relationship management (“Mitra Penyedia CRM”) | Untuk tujuan melacak kemajuan calon Peminjam dan Peminjam pada setiap tahap periode permohonan Pinjaman dan pada saat periode Pinjaman Murid atau Pinjaman Institusi. |
13 | Mitra penyedia perangkat lunak sebagai layanan customer service | Untuk tujuan memastikan bahwa sistem komunikasi Kami dengan calon Peminjam dan Peminjam berada pada standar tingkat tinggi dengan menggunakan perangkat lunak untuk mengelola semua bentuk komunikasi elektronik seperti WhatsApp, layanan pesan singkat pada website dan telepon dalam satu platform. |
14 | Mitra penyedia perangkat lunak sebagai layanan collection management system |
Untuk tujuan:
|
15 | Mitra penyedia layanan dalam rangka pematuhan peraturan di bidang anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme serta Proliferasi senjata pemusnah massal | Untuk tujuan pemeriksaan suatu transaksi yang diyakini berpotensi untuk melanggar peraturan di bidang anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme serta Proliferasi senjata pemusnah massal. |
16 | Mitra penyedia layanan pusat data dan pusat data pemulihan bencana | Untuk tujuan penyimpanan dan cadangan penyimpanan data Anda untuk memungkinkan Kami secara berkelanjutan menyediakan Layanan kepada Anda. |
17 | Institusi berwenang lainnya di Indonesia | Untuk tujuan yang dipersyaratkan atau diperbolehkan berdasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku |
2. Selama tidak ditentukan lain di dalam Kebijakan Privasi ini, Pintek tidak akan mengungkapkan atau membagikan segala Data Pribadi Anda tanpa terlebih dahulu mendapatkan persetujuan tertulis atau lisan dari Anda, kecuali, dalam keadaan tertentu dimana undang-undang memerintahkan untuk pengungkapan tersebut.
3. Pintek berkomitmen untuk merahasiakan, menjaga, menghormati dan menjunjung tinggi privasi Anda dan Pintek tidak akan pernah membagikan, memberikan, mendistribusikan, atau memperjualbelikan Data Pribadi Anda kepada pihak manapun, selain yang disebutkan dalam Kebijakan Privasi ini. Namun, ketentuan tersebut tidak berlaku apabila:
a. adanya pengakuan secara secara hukum oleh pihak ketiga lainnya atas kepemilikan Informasi Anda sebelum pengungkapan;
b. Informasi Anda tersedia sebagai informasi publik dimana ketersediaan itu melanggar hukum; dan/atau.
c. Informasi Anda diwajibkan untuk diungkapkan berdasarkan perintah pengadilan, di dalam proses persidangan dan/atau berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Bahwa apabila Anda menemukan tautan yang menghubungkan Platform Pintek ke situs web lain atau aplikasi lain yang tidak terkait langsung dengan Pintek, maka perlu diketahui bahwa Pintek tidak bertanggung jawab atas informasi yang dikumpulkan oleh situs web atau aplikasi lain tersebut dan bahwa Anda menyetujui untuk membebaskan dan melepaskan Pintek sepenuhnya dari tanggung jawab apapun sehubungan dengan pengumpulan informasi oleh situs web atau aplikasi lain tersebut.
1. Anda memahami dan menyetujui bahwa Layanan yang dapat disediakan oleh Pintek kepada Anda bergantung pada penggunaan, penyimpanan dan pemrosesan Data Pribadi Pengguna, dan bahwa Pintek tidak dapat menyediakan Layanan tanpa keberadaan Data Pribadi Pengguna. Oleh karenanya, dengan menyetujui Kebijakan Privasi ini, Anda menyetujui pula bahwa setiap penggunaan Data Pribadi Pengguna oleh Pintek untuk tujuan pemberian Layanan tidak dapat ditunda maupun dibatasi, kecuali dalam hal dilakukannya penghapusan Data Pribadi Pengguna sesuai dengan ketentuan Bab I ini.
2. Pintek memiliki hak untuk menggunakan dan menyimpan Data Pribadi Pengguna pada sistem elektronik yang dimiliki Pintek untuk jangka waktu paling singkat selama 5 (lima) tahun semenjak Akun Pengguna sudah dinon-aktifkan atau tidak pernah lagi melakukan transaksi pada Platform, kecuali Pengguna meminta agar Pintek menghapus Data Pribadi Pengguna lebih cepat.
3. Anda menyetujui bahwa Anda berhak untuk mengajukan penghapusan data Anda:
4. Bahwa Anda juga memahami dan menyetujui bahwa Pintek memiliki hak untuk dan atas data tersebut, namun tidak terbatas pada kewajiban atas kebijakannya sendiri, menyimpan data-data tertentu sehubungan dengan Anda (tanpa pemberitahuan) segala Data Pribadi Anda termasuk, namun tidak terbatas pada, informasi sehubungan dengan Layanan yang dipergunakan oleh Anda (termasuk namun tidak terbatas pada Pinjaman yang diambil, pembayaran Pinjaman dan gagal bayar Pinjaman (apabila ada)), serta informasi-informasi lainnya seperti informasi yang, atas diskresi Pintek semata, dapat dikategorikan sebagai suatu pelanggaran Syarat dan Ketentuan, pertentangan oleh Anda terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan/atau informasi terkait dengan Anda yang, berdasarkan diskresi Pintek semata, dapat berpotensi melanggar atau membahayakan hak, keamanan, dan kenyamanan Pengguna lainnya.
Untuk memastikan Kebijakan Privasi ini sesuai dengan peraturan perundang-undang yang berlaku, Kami dapat mengubah Kebijakan Privasi ini sewaktu-waktu dan Anda diwajibkan untuk memeriksa Kebijakan Privasi ini secara berkala. Terhadap hal tersebut, kami juga dapat memberikan pemberitahuan kepada Anda mengenai perubahan atau pembaharuan terhadap Kebijakan Privasi ini, akan tetapi apabila Anda tetap melanjutkan untuk menggunakan Platform dan Layanan ini setelah Kami melakukan perubahan baik sebagian maupun keseluruhan dari Kebijakan Privasi ini, maka Anda dianggap telah mengakui, menyetujui, dan telah memperoleh persetujuan dari Pihak Ketiga Terkait, terhadap perubahan tersebut dan Anda dengan sendirinya tunduk dan mengikatkan diri dengan perubahan Kebijakan Privasi tersebut.
Apabila Anda memiliki pertanyaan, komentar, keluhan, atau permintaan mengenai Kebijakan Privasi ini atau Anda ingin mendapatkan akses dan/atau melakukan koreksi terhadap Data Pribadi Anda, dan/atau Data Institusi Pedidikan, silakan hubungi customer care Pintek yang beroperasi setiap hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 18.00 WIB kecuali hari libur nasional dan dapat diakses melalui e-mail: customercare@pintek.id atau pada nomor telepon: 021-50884607.
Halo Pinters! Selamat datang di Pintek!
Terimakasih telah mengunjungi Platform Kami. Perkenalkan, Kami adalah perusahaan teknologi finansial yang menyelenggarakan kegiatan pinjam meminjam uang untuk tujuan pendanaan di bidang pendidikan. Sebelum menggunakan atau mengakses Platform ini, Kami berharap Anda telah membaca seluruh Syarat dan Ketentuan ini dengan sebaik-baiknya.
Dengan melanjutkan atau mengakses penggunaan Platform ini, maka Anda mengakui bahwa Anda telah membaca, memahami, dan menyetujui seluruh konten di dalam Syarat dan Ketentuan ini sebagai sebuah Perjanjian.
Kecuali dinyatakan lain, di dalam Syarat dan Ketentuan ini yang dimaksud dengan:
“Akun Pengguna” adalah akun yang secara khusus digunakan sebagai identitas Anda dan mencatat kegiatan Anda ketika menggunakan Layanan ini, yang dilakukan dengan cara melakukan pendaftaran pada Platform;
“Data Pribadi” adalah informasi atau data yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi secara langsung maupun tidak langsung seorang individu yang merupakan orang perseorangan;
“Keadaan Memaksa” adalah kejadian-kejadian di luar kekuasaan dan di luar kemampuan yang wajar dari Kami yang mengakibatkan terjadinya keterlambatan pemenuhan kewajiban di dalam Syarat dan Ketentuan ini, yang antara lain meliputi bencana alam seperti gempa bumi, angin topan, banjir, letusan gunung berapi, epidemi, kebakaran, pemogokan massal, perang, huru-hara, revolusi, kekacauan yang disebabkan keadaan ekonomi, politik, sosial, pemberontakan, perubahan pemerintah secara inkonstitusional, perubahan peraturan perundang-undangan dan perubahan kebijakan pemerintah di bidang ekonomi dan moneter yang secara langsung mempengaruhi Kami;
“Kebijakan Privasi” adalah kebijakan privasi sebagaimana tertera pada Platform;
“Ketentuan Tanda Tangan Digital” adalah ketentuan tanda tangan digital sebagaimana tertera pada Platform;
“Konten” adalah segala informasi, gambar, video, dan/atau data yang terdapat pada Platform;
“Layanan” adalah penyediaan layanan oleh Perusahaan melalui Platform ini untuk mempertemukan Pemberi Pinjaman dengan Peminjam untuk melakukan kegiatan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi;
“Pemberi Pinjaman” adalah setiap perseorangan dan/atau badan hukum yang menggunakan Layanan ini untuk memberikan pinjaman kepada Peminjam;
“Peminjam” adalah setiap perseorangan dan/atau badan hukum Indonesia, dengan tunduk pada Syarat dan Ketentuan, yang menggunakan Layanan ini untuk menerima pinjaman dari Pemberi Pinjaman;
“Pengguna” atau “Anda” adalah setiap orang yang mengunjungi, mengakses, dan/atau menggunakan Platform ini, baik sebagai Pemberi Pinjaman maupun Peminjam ataupun pihak lain yang memiliki kepentingan terhadap Platform ini;
“Perhatian Mengenai Risiko” adalah perhatian mengenai risiko sebagaimana tertera pada Platform;
“Perjanjian Pinjaman” adalah perjanjian pinjam-meminjam antara Pemberi Pinjaman dan Peminjam sehubungan dengan Pinjaman yang disediakan melalui Layanan Perusahaan secara elektronik;
“Perusahaan” atau “Kami” atau “Pintek” adalah PT Pinduit Teknologi Indonesia, perusahaan teknologi finansial yang menyediakan Layanan melalui Platform;
“Pinjaman” adalah dana yang diberikan oleh Pemberi Pinjaman kepada Peminjam melalui Platform;
“Platform” adalah mengacu pada situs web https://pintek.id, termasuk semua domain dan sub-domainnya;
Sebagai syarat penggunaan Layanan Kami, Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa hal-hal berikut adalah benar, tepat dan tidak menyesatkan pada saat Anda mengakses Layanan Kami pada Platform, bahwa:
a. Anda telah membaca, memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi, Perhatian Mengenai Risiko, dan Ketentuan Tanda Tangan Digital;
b. Anda berusia minimal 21 (dua puluh satu) tahun dan maksimal 60 (enam puluh) tahun, memiliki kapasitas hukum, dan oleh karena itu dapat melakukan perbuatan hukum untuk dan atas nama Anda sendiri atau badan hukum untuk, sebagai berikut:
c. Anda merupakan pemilik Data Pribadi dan/atau pihak yang telah mendapatkan persetujuan untuk memberikan Data Pribadi dari pemilik Data Pribadi untuk tujuan pengajuan Pinjaman melalui Platform; dan
d. Seluruh Data Pribadi serta informasi lainnya yang Anda berikan kepada Pintek adalah benar, tepat, dan tidak menyesatkan.
Dalam menggunakan Layanan Kami, Anda menyanggupi untuk:
a. tidak menggunakan Layanan atau Konten dari Platform untuk tujuan yang melanggar hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, baik di tingkat nasional maupun internasional;
b. tidakmengaksestanpawewenang,meretas,menghalangi,dan/ataumelakukan segala tindakan lainnya yang dapat mengganggu tampilan dari Platform atau menghambat penyediaan Layanan;
c. tidak mengunggah materi dan data dalam bentuk apapun yang mengandung virus, trojan horse, worm, time bomb, keystroke logger, spyware, adware, atau kode computer yang berbahaya lainnya yang dirancang untuk mengganggu, membatasi atau merusak setiap perangkat lunak atau perangkat keras komputer atau peralatan telekomunikasi milik Perusahaan;
d. tidak menggunakan fitur “ingat saya” atau fitur otomatis lainnya untuk membuka akun atau menggunakan Layanan ini;
e. tidak melakukan penipuan atau pemalsuan dokumen atau tindakan pidana lainnya yang dapat menyebabkan pihak yang menyediakan Pinjaman kepada Anda atau pihak yang meminjam kepada Anda atau Kami dalam Perjanjian Pinjaman mengalami kerugian;
f. tidak mendaftar untuk lebih dari satu Akun Pengguna, mendaftar untuk satu Akun Pengguna atas nama individu selain diri sendiri, mengoperasikan akun Pengguna atas nama atau untuk kepentingan siapapun yang tidak memenuhi persyaratan untuk melakukan pendaftaran atau menggunakan Layanan;
g. tidak membagikan Akun Pengguna milik Anda kepada orang lain;
h. memperlakukan sebagai rahasia setiap kode identifikasi Pengguna, kata sandi atau bagian lain dari informasi sebagai bagian dari prosedur pengamanan Kami;
I. tidak mereproduksi, menduplikasi, atau menyalin bagian manapun dari Konten pada Platform untuk tujuan yang bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan ini; dan
j. tidak mengungkapkan atau menggunakan informasi yang terdapat pada Platform untuk tujuan apapun selain untuk tujuan penggunaan Layanan.
1. Hak dan kewajiban Peminjam
a. Berhak menerima informasi apapun yang berkaitan dengan aspek komersial dari Pinjaman, termasuk antara lain informasi mengenai jumlah dan waktu pembayaran angsuran, bunga, biaya layanan, biaya administrasi, denda keterlambatan, biaya lain dan kewajiban finansial lainnya (jika ada);
b. Berhak untuk mengajukan permohonan Pinjaman dengan memilih jumlah dan jenis Fasilitas Pinjaman yang diinginkan sesuai dengan pilihan yang tersedia dalam Layanan;
c. Berhak mengajukan aduan, saran dan/atau kritikan, seputar Layanan Kami maupun dugaan pelanggaran hukum oleh Perusahaan, termasuk karyawan Perusahaan, sehubungan dengan fasilitas Pinjaman yang diberikan dan penagihan kewajiban pembayaran Pinjaman, melalui layanan Customer Care Perusahaan;
d. Berhak untuk mendapatkan Pinjaman setelah mendapatkan persetujuan dari Pemberi Pinjaman dan memenuhi seluruh persyaratan yang diwajibkan berdasarkan pada Perjanjian Pinjaman;
e. Berkewajiban untuk melakukan pengembalian sesuai jumlah Pinjaman, bunga, biaya layanan, dan biaya administrasi, maupun denda keterlambatan (jika ada) berdasarkan pada Perjanjian Pinjaman;
f. Berkewajiban melaksanakan seluruh ketentuan yang diatur lebih lanjut dalam Perjanjian Pinjaman dengan penuh itikad baik dan penuh tanggung jawab;
g. Berkewajiban untuk tidak melakukan penipuan atau tipu muslihat dan memastikan kebenaran, keakuratan, serta keaslian data yang diberikan oleh Peminjam dalam Platform, Perusahaan, atau Pemberi Pinjaman, termasuk dan tidak terbatas pada, tidak menggunakan data orang lain tanpa persetujuan tertulis dari pemilik data dan Pemberi Pinjaman atau Perusahaan; dan
h. Berkewajiban mematuhi Kebijakan Privasi, termasuk mengizinkan Perusahaan untuk dan atas nama Pemberi Pinjaman menghubungi Peminjam dalam rangka pengajuan dan pelaksanaan asistensi ketika Peminjam gagal melunasi Pinjaman berdasarkan pada Perjanjian Pinjaman.
2. Hak dan kewajiban Pemberi Pinjaman
a. Berhak untuk menolak atau memberikan persetujuan atas permohonan Pinjaman dari Peminjam;
b. Berhak untuk mendapatkan pengembalian atas Pinjaman yang diberikan ditambah bunga dan biaya lainnya yang dibayarkan oleh Peminjam (jika ada) sesuai dengan jumlah dan tenor yang ditetapkan dalam Perjanjian Pinjaman serta pembagian yang disepakati dengan Perusahaan;
c. Berhak mengajukan aduan, saran atau kritik, melalui Akun Pengguna atau Platform, seputar Layanan Kami maupun dugaan pelanggaran hukum oleh Perusahaan, termasuk karyawan Perusahaan, sehubungan dengan pemberian fasilitas Pinjaman dan pengembalian fasilitas Pinjaman kepada Pemberi Pinjaman, melalui layanan Customer Care Perusahaan;
d. Berhak menerima informasi atas permohonan Pinjaman, seperti:
e. BerhakmengalihkanhaktagihatasPinjamanberdasarkanPerjanjianPinjaman kepada pihak lainnya tunduk pada peraturan perundang-undangan yang berlaku;
f. Berkewajiban untuk memberikan informasi dan/atau data yang terperbaharui kepada Perusahaan tentang informasi yang dibutuhkan untuk tujuan bertindak sebagai Pemberi Pinjaman;
g. Berkewajiban untuk menyalurkan Pinjaman kepada Peminjam berdasarkan Perjanjian Pinjaman melalui Kami sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku;
h. Berkewajiban untuk tidak melakukan penipuan atau tipu muslihat dan memastikan kebenaran, keakuratan, serta keaslian data yang diberikan oleh Pemberi Pinjaman dalam Platform, Perusahaan, termasuk dan tidak terbatas pada tidak menggunakan data orang lain tanpa persetujuan tertulis dari pemilik data dan Perusahaan; dan
i. Berkewajiban untuk melaksanakan kewajiban lainnya yang selanjutnya akan diatur dalam Perjanjian Pinjaman dengan itikad baik dan penuh tanggung jawab.
Dalam menyediakan Layanan kepada Anda, Kami memiliki hak untuk:
a. Menyetujui atau menolak permohonan pendaftaran calon Pemberi Pinjaman, atau permohonan pendaftaran calon Peminjam sesuai dengan kebijakan Kami;
b. Memantau, menyaring atau mengendalikan aktivitas apapun, konten atau material pada Platform. Kami dapat melakukan investigasi pelanggaran apapun atas Syarat dan Ketentuan dan dapat mengambil tindak yang Kami pandang perlu;
c. Untuk menghapus konten yang berpotensi mengganggu sistem dan/atau dianggap tidak sesuai dengan atau bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya untuk setiap konten yang dianggap tidak sesuai dengan atau bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
d. Mencegah atau membatasi akses Anda ke Platform;
e. Melaporkan aktivitas apapun yang Kami duga melanggar hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku kepada pihak yang berwenang dan bekerja sama dengan pihak yang berwenang;
f. Melaporkan Anda kepada Biro Pemeringkat Kualitas Pinjaman, Asosiasi Pendanaan Fintech Pendanaan Bersama Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan dalam hal terjadi keterlambatan atau kegagalan dalam melakukan pembayaran kembali berdasarkan pada Perjanjian Pinjaman;
g. Mengalihkan sebagian maupun seluruhnya hak dan/atau kewajiban Kami atau Pemberi Pinjaman (dalam kapasitas sebagai kuasa dari Pemberi Pinjaman) berdasarkan pada Perjanjian Pinjaman kepada pihak ketiga lainnya;
h. Melakukan penyesuaian atau perubahan dari waktu ke waktu pada Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi, Perhatian Mengenai Risiko, dan Ketentuan Tanda Tangan Digital, untuk mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku; dan
I. Meminta informasi dan data dari Anda terkait penggunaan Layanan dan/atau Platform ini dari waktu ke waktu;
I. Melaksanakan hak Kami berdasarkan pada Syarat dan Ketentuan ini apabila Anda: i) menolak memberikan informasi dan/atau data yang kami syaratkan; dan/atau ii) jika Kami memiliki alasan yang kuat untuk mencurigai Anda memberikan informasi dan/atau data yang tidak akurat, menipu atau menyesatkan.
Dalam menyediakan Layanan kepada Anda, kami memiliki peran dan tanggung jawab untuk:
a. Melakukan upaya-upaya yang wajar untuk menilai setiap potensi risiko terhadap Pengguna yang menggunakan setiap Layanan yang disediakan di Platform, dan memutuskan dalam setiap tindakan yang tepat dalam menangani risiko-risiko tersebut, namun Kami tidak berkewajiban untuk mengawasi, memantau setiap Layanan yang kami sediakan di Platform, dan kami dengan tegas mengecualikan kewajiban kami atas setiap kerugian yang timbul dari penggunaan Layanan oleh Pengguna yang bertentangan dengan standar Layanan;
b. Menetapkan kategorisasi risiko pinjaman terhadap Peminjam dan melakukan pemeringkatan pinjaman terhadap Peminjam;
c. Menyampaikan seluruh risiko yang akan ditanggung oleh Pengguna;
d. Mewakili Pemberi Pinjaman, menyampaikan penolakan atau persetujuan permohonan pengajuan Pinjaman oleh Peminjam;
e. Mengenakan biaya-biaya sehubungan dengan penyediaan Layanan kepada Pengguna;
f. Mengenakan maksimum 0,8% (nol koma delapan persen) per hari untuk bunga dan biaya, serta 0,8% (nol koma delapan persen) per hari untuk denda keterlambatan yang dihitung berdasarkan pada nilai Pinjaman yang diterima oleh Anda. Selain itu, bunga dan biaya, termasuk pembebanan denda keterlambatan tidak akan melebihi dari 100% (seratus persen) dari pokok Pinjaman Anda untuk tenor pinjaman di bawah 24 (dua puluh empat) bulan, dimana rincian ketentuan mengenai bunga Layanan dapat diakses oleh Anda melalui Platform Kami;
g. Memfasilitasi proses yang mempertemukan Pemberi Pinjaman dan Peminjam; dan
h. Membantu untuk melakukan upaya penagihan dalam hal Peminjam gagal bayar.
Tanpa mengesampingkan ketentuan yang terdapat pada Perhatian Mengenai Risiko, Kami tidak bertanggung jawab kepada Anda sehubungan dengan konten atau penggunaan atas Platform ini dalam hal:
a. terjadinya kerugian baik secara langsung maupun tidak langsung, ataupun konsekuensial yang mungkin Anda alami;
b. terjadinya kerugian bisnis, kehilangan pendapatan, kehilangan keuntungan, kehilangan kontrak atau hubungan bisnis, kehilangan reputasi atau nama baik, atau kehilangan atau kerusakan atas informasi atau data yang mungkin Anda alami;
c. terjadinya setiap kerusakan yang terjadi atas akun yang dimiliki oleh Pengguna akibat gangguan pihak luar (bukan akibat kerusakan internal sistem Pintek);
d. perubahan, modifikasi, penghapusan, penambahan, penghentian dari Layanan Kami, Platform, Konten, Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi, Perhatian Mengenai Risiko, Ketentuan Tanda Tangan Digital, dan Perjanjian Pinjaman; dan
e. setiap kerugian yang timbul diakibatkan oleh Keadaan Memaksa;
1. Bahwa tanpa mengurangi hak-hak Kami yang lain berdasarkan syarat dan ketentuan ini, apabila Anda melanggar atau mengabaikan persyaratan dan ketentuan ini, maka Kami dapat mengambil segala tindakan yang sekiranya diperlukan untuk menangani pelanggaran atau pengabaian tersebut tanpa kewajiban apapun untuk menyampaikan pemberitahuan terlebih dahulu maupun pemberitahuan sesudahnya kepada Anda, termasuk menangguhkan akses Anda ke Platform, melarang Anda mengakses Platform, menonaktifkan dan menutup Akun Pengguna Anda, memblokir komputer menggunakan alamat IP Anda untuk mengakses Platform, menghubungi penyedia layanan internet Anda untuk meminta mereka memblokir akses Anda ke Platform dan/atau menggunakan jalur hukum, termasuk mengajukan gugatan ke pengadilan terhadap Anda;
2. Anda setuju untuk mengganti kerugian dan melindungi Kami dari kerugian terhadap semua tuntutan, kewajiban, biaya, pengeluaran, denda, ongkos, ganti rugi, keputusan dan/atau kerugian yang diderita atau ditimbulkan oleh Kami, termasuk keuntungan dan peluang yang dapat diambil darinya atau hilang, yang disebabkan atau timbul karena:
1. Hak Kekayaan Intelektual
2. Ketentuan Yang Tidak Dapat Dilaksanakan
Bahwa apabila terdapat atau ditemukan ketentuan apapun dalam syarat dan ketentuan ini yang tidak dapat dilaksanakan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka hal tersebut tidak akan mempengaruhi keberlakuan ketentuan lain dalam Syarat dan Ketentuan ini.
3. Hukum Yang Berlaku
Syarat dan Ketentuan ini tunduk dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Negara Republik Indonesia
4. Perubahan
Kami dapat mengubah Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu dan memberikan pemberitahuan atas perubahan tersebut kepada Anda. Syarat dan ketentuan yang diubah akan berlaku untuk penggunaan Platform ini sejak tanggal publikasi Syarat dan Ketentuan yang diubah tersebut. Oleh karenanya, Anda dianjurkan untuk memeriksa halaman ini secara teratur, sehingga jika Anda melanjutkan untuk menggunakan, mengakses atau memakai Platform ini, maka Anda dianggap telah mengakui, memahami, dan menyetujui Perubahan tersebut.
5. Penyelesaian Perselisihan
6. Layanan Customer Care Perusahaan beroperasi setiap hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 18.00 WIB kecuali hari libur nasional dan dapat diakses melalui e- mail: customercare@pintek.id atau pada nomor telepon: 021-50884607.
Halo Pinters!
Dengan melakukan pengajuan permohonan pinjaman pada platform PT Pinduit Teknologi Indonesia (“Pintek”),
Anda memahami bahwa Anda bersedia untuk menggunakan layanan tanda tangan elektronik yang disediakan oleh PT Privy Identitas Digital (“Privy”) dan/atau PT Solusi Net Internusa (“Digisign”),
mitra dari Pintek, selaku penyelenggara tanda tangan elektronik dan penyelenggara sertifikasi elektronik yang terdaftar dan diakui oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.
Pintek akan mengirimkan pemberitahuan lebih lanjut kepada Anda sehubungan dengan penyedia layanan tanda tangan elektronik yang akan digunakan oleh Anda sebelum menandatangani perjanjian pinjaman atau dokumen lainnya melalui surat elektronik (e-mail) (“Pemberitahuan”).
Dengan melanjuti untuk menggunakan tanda tangan elektronik setelah menerima Pemberitahuan dari Pintek, Anda dianggap telah membaca, memahami, dan menyetujui seluruh isi yang telah kami sampaikan dalam Pemberitahuan tersebut.
Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai Ketentuan Penggunaan Tanda Tangan Elektronik ini, silakan hubungi kami melalui e-mail: customercare@pintek.id atau pada nomor telepon: 021-50884607.
DENGAN MENEKAN TOMBOL SETUJU DAN LANJUTKAN, SAYA TELAH MEMBACA, MEMAHAMI, DAN MENYETUJUI SEMUA SYARAT DAN KETENTUAN YANG BERLAKU.
Verifikasi Email Terkirim
Kami telah mengirimkan email ke untuk verifikasi email. Silakan cek kotak masuk email Anda dan klik link “verifikasi”.
Syarat usia belum mencukupi
Mohon maaf , Anda belum memenuhi syarat usia 21 tahun atau belum memiliki bukti slip gaji untuk mengajukan dana dari Pintek.
Tapi tenang, orang tua atau wali Anda bisa mengajukan permohonan untuk dana pendidikan Anda.
Apakah Anda sudah memiliki penghasilan sendiri?
Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Nam rerum quis ab quam quidem amet repudiandae illo sed ea, mollitia qui adipisci id vero atque quos soluta repellendus vitae dolores. Lorem ipsum dolor, sit amet consectetur adipisicing elit. Sint omnis a repudiandae culpa molestiae aspernatur dolorem fugit quibusdam corporis iste, sequi architecto et doloribus enim aut officia ab officiis blanditiis.
Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Nam rerum quis ab quam quidem amet repudiandae illo sed ea, mollitia qui adipisci id vero atque quos soluta repellendus vitae dolores. Lorem ipsum dolor, sit amet consectetur adipisicing elit. Sint omnis a repudiandae culpa molestiae aspernatur dolorem fugit quibusdam corporis iste, sequi architecto et doloribus enim aut officia ab officiis blanditiis.
Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Nam rerum quis ab quam quidem amet repudiandae illo sed ea, mollitia qui adipisci id vero atque quos soluta repellendus vitae dolores. Lorem ipsum dolor, sit amet consectetur adipisicing elit. Sint omnis a repudiandae culpa molestiae aspernatur dolorem fugit quibusdam corporis iste, sequi architecto et doloribus enim aut officia ab officiis blanditiis.
Email anda sudah terdaftar
Silahkan masuk dengan menggunakan email anda
Anda dapat melanjutkan permohonan Anda dengan melakukan salah satu pilihan di bawah ini:
Ajak sekolah Anda bekerjasama dengan Pintek
Ubah Institusi Pendidikan
Lanjutkan Permohonan dengan Pintek Regular
Pintek Regular
|
Anda dapat melanjutkan permohonan Anda dengan melakukan salah satu pilihan di bawah ini:
Daftarkan Data Diri Anda ke Admin Institusi
Lanjutkan Permohonan dengan Pintek Regular
Pintek Regular
|
Ups! Institusi Pendidikan yang Anda pilih belum bisa menggunakan
Ingin tetap melanjutkan pinjaman?
Apakah Anda ingin menggunakan Data Diri Anda sebelumnya?
Pesan untuk mengundang institusi telah terkirim. Semoga institusi tersebut mau menjadi partner Pintek.
Verifikasi Terkirim
Kami telah mengirimkan link verifikasi via SMS ke Nomor HP orang tua Anda