Kelola Uang

4 Kekhawatiran Millennials Belakangan Ini

Khawatir dalam urusan finansial adalah suatu hal yang wajar. Namun jika kekhawatiran itu ternyata berlebihan, bisa jadi karena beberapa kalimat yang disebutkan di artikel ini. 
Pernahkah Anda mendengar mitos yang mengatakan menabung seribu dapat seribu. Ada pula mitos lainnya seperti emas merupakan bentuk investasi paling aman dan paling baik. Sebaliknya menimbun uang tidak selamanya menguntungkan. Apalagi hanya menyimpan uang dalam bentuk emas.
Jika Anda masih percaya dengan mitos-mitos tersebut, ini waktunya Anda untuk lebih ‘melek’ finansial. Jika tidak, masa depan finansial Anda mungkin tidak akan cerah. Sekarang waktunya Anda tutup telinga dari  mitos-mitos tersebut.
Nah, berikut ini adalah 4 kalimat yang mungkin sering Anda dengar. Anda pun bisa menjadikan kalimat-kalimat ini hanya sebagai mitos. Sebab nyatanya kalimat-kalimat ini terkadang bisa menghambat Anda dalam urusan finansial. Apa saja?

Gaji naik, kebahagian pasti naik

Memang benar, penghasilan besar bisa membuat hidup lebih nyaman. Anda bisa membeli rumah tinggal, beli mobil, beli makan makanan enak, pergi berlibur ke luar negeri, bahkan bisa menabung dana pensiun lebih banyak.
Sayangnya, misalnya gaji Anda meningkat 20%, bukan artinya kebahagiaan Anda pun akan meningkat sebanyak persentase yang sama.
Uang memang bisa menjamin keamanan dan kenyamanan. Tapi ketika sebelumnya hidup Anda banyak masalah, sayangnya terkadang uang tidak bisa membeli kebahagiaan yang Anda inginkan. Apalagi masalah yang Anda punya adalah tentang kekurangan cinta dan kesepian.

Yang penting hasilkan pendapatan dan uang

Ketika Anda punya tabungan dan simpanan pensiun, hal itu akan menjadi harta berharta di masa depan. Ya, segala cara bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang. Namun nyatanya uang bukanlah segalanya. Buat apa Anda kerja banting tulang untuk mendapatkan uang namun tidak peduli dengan kesehatan.
Pernahkah menyadari, kalai diri Anda sendirilah yang merupakan faktor terpenting. Kesehatan sama pentingnya dengan kekayaan. Anda butuh tubuh sehat supaya bisa mencari uang lebih banyak. Di sinilah kenyataan jika uang dan pendapatan bukan segalanya.
Karena itu, mulai sekarang cobalah untuk mengimbangi hidup dengan menjaga kesehatan. Makan makanan bernutrisi, mengurangi asupan gula, rutin berolahraga dan tidur lebih awal. Jika perlu, daftarlah asuransi. Dengan asuransi, biaya atas risiko kesehatan Anda bisa terlindungi.

Jika dilakukan dengan cara terbaik maka anti gagal

Tentu Anda punya penyesalan finansial. Jadi, jangan berpikir setiap orang tidak bisa gagal ketika melakukan cara terbaik. Misalnya kegagalan berinvestasi, membeli barang mahal yang tidak perlu, atau punya tagihan tak terduga. Sekarang jangan terpaku pada kegagalan tersebut. Menyesal atau mengasihani diri sendiri tidak akan mengubah apa-apa. Patut diingat, semua pasti merasakan kegagalan. Anda harus siap dengan itu.

Mau investasi ketika sudah punya modal

Menunda investasi sama saja Anda menunda untuk meraih kekayaan di masa depan. Ada sebuah konsep, investasi yang dilakukan sejak muda akan mendatangkan keajaiban. Memang, pada awalnya memulai investasi itu tidak mudah. Namun dengan memulainya, Anda bisa membuat perbedaan antara kemiskinan dan kenyamanan di masa depan.
Jadi, jangan terlambat untuk berinvestasi dan menabung untuk masa tua. Cobalah untuk mulai kebiasaan investasi minimal 10% sampai 15% dari pendapatan kotor yang Anda miliki. Investasikan dalam produk jangka panjang setiap bulan.
Ingat, jika bicara tentang investasi, Anda bisa memulainya dari sebuah investasi kecil. Paling penting, mulailah sekarang juga!
Buat Anda yang saat ini ingin mengembangkan dan memajukan bisnis, maka Anda bisa mengajukan pendanaan bisnis ke Pintek. Pintek juga menyesuaikan pendanaan dengan kebutuhan, kemampuan dari masing-masing bisnis. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi jika memiliki dana terbatas untuk mengembangkan dan memajukan bisnis.

PT Pinduit Teknologi Indonesia, Pintek, adalah perusahaan teknologi finansial, fintech, yang menawarkan pendampingan kepada bisnis untuk maju dan #AmbilLangkahBesar dengan menyediakan akses pendanaan untuk kegiatan bisnis dari berbagai sektor seperti FMCG, Fesyen & Kecantikan, Bahan Bangunan dan sektor lainnya yang telah terdaftar dan diawasi OJK.

Informasi menarik seputar Pintek bisa didapatkan dengan mengunjungi laman Instagram Pintek di @pintek.id.

Leave a Reply

Back to top button