Pinjaman online dengan sistem KTA atau Kredit Tanpa Agunan tengah menarik banyak minat masyarakat. Pengajuan pinjaman yang mudah, tidak membutuhkan banyak syarat dan uang bisa cepat cair ke rekening pribadi. Selain itu sistem pembayaran cicilan pinjaman online juga banyak pilihan, bisa melalui atm, teller, mbanking, atau ibanking.

Sayangnya orang-orang belum bisa memanfaatkan pinjaman online ini dengan baik. Pinjaman online langsung cair tanpa ribet lebih banyak digunakan untuk keperluan konsumtif. Padahal pinjaman online bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang produktif seperti membayar biaya pendidikan.

Parent Pinters harus memiliki kesadaran bahwa pendidikan sangat penting. Pendidikan ibarat investasi, supaya anak bisa mendapatkan karir dengan jaminan penghidupan yang baik di masa depan nanti. Meminjam dana online akan lebih bijak jika dialokasikan untuk hal produktif semacam ini.

Pintek, Lembaga Keuangan Penyedia Pinjaman Pendidikan

pintek

Lebih baik Parent Pinters mengajukan pinjaman ke Pintek yang khusus memberikan pinjaman pendidikan dibanding ke fintech personal loan. Pastikan untuk tidak memilih pinjaman online ilegal, demi keamanan, pilihlah penyedia pinjaman online OJK.

Bukankah personal loan juga bisa dikelola untuk membayar biaya pendidikan? Benar, tapi hal tersebut sangat riskan digunakan untuk keperluan lain. Pinjaman pendidikan dari Pintek bisa memberi pinjaman pendidikan sesuai tagihan pembiayaan yang harus dipenuhi dan pencairan dana akan langsung ke rekening institusi pendidikan sehingga uang pinjaman benar-benar tepat sasaran penggunaannya.

Mengapa harus memilih Pintek? Apa saja keunggulannya? Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan mengapa Parent Pinters harus mengajukan pinjaman pendidikan di Pintek:

  • Pintek merupakan lembaga keuangan yang legal. Sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, AFPI, dan Kominfo.
  • Mampu memberikan pinjaman pendidikan dalam jumlah besar. Pinjaman bisa menyesuaikan besarnya tagihan.
  • Pencairan cepat, langsung ke rekening atas nama institusi pendidikan.
  • Bekerja sama dengan banyak institusi pendidikan di Indonesia.
  • Biaya dan bunga relatif ringan.
  • Cicilan fleksibel, ada grace period yang meringankan beban tagihan debitur.

Syarat untuk Pengajuan Pinjaman

Pintek Indonesia memberikan beberapa persyaratan bagi calon peminjam, diantaranya:

  • Status WNI, memiliki KTP masih berlaku, umur termuda 21 tahun, umur tertua 60 tahun (selesai pelunasan).
  • Bekerja atau Wirausaha. Income minimal 3 juta per bulan. Bisa menggunakan sistem joint income.
  • Syarat dokumen: KTP, KK, mutasi rekening 3 bulan terakhir, data diri peminjam, data diri peserta didik, slip gaji, bukti tagihan, NPWP untuk pinjaman diatas 10 juta dll.
  • Anda bisa mengunjungi website pintek.id untuk mengetahui persyaratan lebih lengkap dan detail.

Cara Pengajuan Pinjaman

Alur pengajuan pinjaman bisa Parent Pinters lihat di ilustrasi berikut.

1. Registrasi dan Mengajukan Pinjaman

student loan

Pertama-tama Parent Pinters registrasi terlebih dahulu di web https://pintek.id/. Pilih opsi Pinjaman Untuk Pelajar atau Pintek Student.

Pintek Student memiliki 3 skema pinjaman yaitu: Instant, Reg, dan Pro. Setiap skema pinjaman memiliki ketentuan tertentu dan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Setelah mengajukan pinjaman, pihak Pintek akan menentukan skema yang sesuai dengan permohonan pinjaman.

Ada form yang perlu diisi dan dokumen yang perlu di upload. Lengkapi semuanya.

Pihak Pintek menyarankan untuk mengajukan pinjaman, setidaknya 14 hari sebelum jatuh tempo tagihan.

2. Verifikasi, Penilaian Kredit (Credit Scoring), Penawaran Pinjaman

Pengajuan pinjaman yang sudah Anda masukan, akan diproses. Pihak Pintek akan melakukan verifikasi data. Penilaian kredit juga akan dilakukan.

Pihak Pintek kemudian akan memberikan penawaran pinjaman. Jumlah dana talangan yang bisa ditanggung, besaran bunga, tenor, dan cicilan per bulannya. Jika peminjam menyetujui, akan langsung menuju final approval.

3. Pencairan Dana

Setelah final approval, dana talangan dari Pintek bisa segera dicairkan. Biasanya 1 hari kerja setelah final approval, dana sudah masuk ke rekening institusi pendidikan.

Pintek bisa menanggung 100% biaya yang ditagihkan. Namun, Pintek biasanya merekomendasikan kepada peminjam untuk melakukan DP pada pihak institusi pendidikan. Setidaknya 20% tagihan sudah dibayarkan, sehingga peminjam tidak terlalu berat menanggung beban pinjaman.

4. Pembayaran Cicilan

Setelah pencairan dana, Anda sebagai peminjam bertanggung jawab untuk membayar pinjaman. Jangan menjadi orang yang tidak bertanggung jawab dan kabur dari pinjaman online yang telah Anda lakukan. Ada sanksi tidak bayar pinjaman online dari Pintek.

Cicilan (pokok pinjaman + bunga pinjaman) dilakukan setiap bulan hingga habis masa tenor. Jika mengambil tenor 30 hari, bisa langsung dilunasi 1 bulan setelah peminjaman.

Pintek biasanya memberikan grace period. Perhitungan denda akan berlaku jika keterlambatan cicilan sudah masuk hari ke 3, dengan denda 0,5% per harinya. Biasanya pihak Pintek akan menghubungi Anda untuk melakukan penagihan.

Cicilan bisa dibayarkan ke Virtual Account yang tercantum pada agreement. Informasi mengenai tagihan juga tercantum di akun Pintek Anda.

Berikut ini adalah ilustrasi mengenai alur atau sistem pembayaran pinjaman online dana talangan Pintek Student.

sistem pembayaran pinjaman online

Baca Juga : Rencanakan Biaya Kuliah Anak di Kampus Terbaik Bersama Pintek

Cara Membayar Cicilan Pinjaman Pintek Student

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membayar cicilan pinjaman Pintek Student. Berikut ini akan dijelaskan mengenai panduan sistem pembayaran menggunakan 3 metode pembayaran.

1. Melalui ATM

Sistem pembayaran yang pertama anda bisa menggunakan ATM dari bank terkait atau menggunakan ATM bersama.

Langkah-langkah membayar melalui ATM dari bank yang sama dengan rekening penerima tagihan adalah sebagai berikut:

  • Pilih menu Pembayaran.
  • Pilih jenis pembayaran, untuk angsuran pinjaman.
  • Masukan kode bank dan Virtual Account.
  • Masukan jumlah cicilan yang ingin dibayarkan.
  • Tekan “Ya”. Selesai.

Jika menggunakan ATM Bersama, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Setelah memasukan PIN, cari menu Transfer Antar Bank. Jika tidak ada di halaman muka, masuk ke menu
  • Pilih Transaksi Lainnya.
  • Masukan kode bank dan Virtual Account.
  • Masukan jumlah cicilan yang ingin dibayarkan.
  • Tekan “Ya”. Selesai.

Setiap ATM memiliki penamaan menu dan mekanisme berbeda. Anda bisa menyesuaikan.

2. Menggunakan IBanking

IBanking atau internet banking adalah layanan yang diberikan oleh bank kepada nasabah untuk bisa melakukan transaksi perbankan dengan mudah menggunakan jaringan internet pribadi.

Cara pembayaran cicilan Pintek Student dengan IBanking yang tidak sama dengan rekening tagihan Pintek adalah sebagai berikut:

  • Login terlebih dahulu ke akun IBanking Anda.
  • Pilih menu Transfer ke Bank Lain Online.
  • Pilih bank tujuan transfer.
  • Masukan nomor Virtual Account.
  • Masukan jumlah cicilan yang ingin dibayar.
  • Informasi penerima akan muncul, pastikan penerima adalah Pintek.
  • Jika sudah benar, klik “Ya”. Selesai.

Jika Anda memiliki IBanking yang sejenis dengan rekening tagihan Pintek, langkah-langkah pembayarannya bisa lebih mudah.

3. Membayar Melalui Teller

Jika Anda memiliki dana tunai, cicilan bisa langsung dilakukan melalui teller bank. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Datang ke bank yang sama dengan rekening tagihan Pintek.
  • Isi formulir pembayaran tagihan dengan lengkap. Masukan data diri Anda sebagai pengirim, Virtual Account
  • Pintek Student, dan jumlah cicilan yang harus dibayarkan.
  • Tunggu hingga nama Anda dipanggil sesuai antrian.
  • Jika nama Anda sudah dipanggil, datang ke teller, serahkan formulir pembayaran dan setorkan uang cicilan.

Pintek memberlakukan sistem pencatatan angsuran atau cicilan secara otomatis. Jika angsuran atau cicilan mendekati jatuh tempo, akan ada notifikasi email yang mengingatkan. Jika angsuran atau cicilan sudah lunas, bukti pelunasan akan dikirim ke email peminjam.

Itu dia ulasan mengenai sistem pembayaran dana talangan Pintek Student dan cara yang bisa Anda pilih untuk membayar tagihan. Pintek memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengakses pinjaman pendidikan. Segera hubungi tim Pintek dan ajukan pinjaman pendidikan untuk meringankan beban tagihan.