
4 Cara Meningkatkan Potensi Bisnis yang Anda Miliki
Apapun produk atau layanan yang dimilikinya, setia bisnis memiliki potensi yang bisa dikembangkan. Tergantung bagaimana bisnis tersebut melihat dan memahaminya.
Dalam sebuah bisnis, wajar terjadi jika tim yang Anda miliki sebelumnya pada akhirnya harus berganti. Tapi jika pergantian ini menyangkut anggota tim strategis, bahkan menempati posisi penting, tentunya banyak penilaian yang Anda lakukan sebagai pemilik bisnis.
Pertanyaannya, nilai jangka panjang apa – dari tim baru tersebut – yang akan mereka ciptakan? Apakah mereka akan mengubah semua hal yang sudah Anda bangun selama ini? Atau bahkan memberikan nilai-nilai baru yang akan bisa membawa perusahan Anda lebih maju? Jawabannya, Anda wajib menggunakan semua potensi bisnis yang ada, khususnya sumber daya baru yang Anda miliki.
Percayalah, setiap tim yang masih baru tentunya akan mewarisi misi, visi, dan nilai dari bisnis Anda. Mereka cenderung akan beradaptasi terhadap proses dan kemampuan bisnis Anda, proposisi nilai dan strategi pertumbuhan yang terjadi.
Jadi, tim baru itupun akan memberikan inovasi baru dan menyelaraskan dengan rencana Anda sebagai pemilik bisnis untuk bersaing di pasar. Nah, berikut adalah cara meningkatkan potensi bisnis yang Anda miliki sebagai pemilik bisnis dan bisa ditekankan kepada tim baru Anda.
Lihat penawaran promosi bisnis Anda saat ini
Banyak perusahaan yang akhirnya gagal untuk menghasilkan pendapatan yang diharapkan karena penawaran yang dimilikinya saat ini. Produk atau layanan mereka mudah ketinggalan zaman. Investasi untuk menciptakan produk atau layanan yang bisa diterima dalam jangka panjang pun akhirnya malah menggerus modal.
Promosi dengan menggunakan diskon sering dilakukan. Namun terkadang promosi ini malah seakan dipaksakan demi mengejar kesepakatan dengan konsumen. Akhirnya, operasional perusahaan Anda berjuang di atas harapan konsumen yang terus meningkat.
Karena itulah, agar tim baru Anda tidak terjebak dengan hal tersebut, persiapkan perhitungan-perhitungan matang yang sesuai dengan produk atau layanan yang Anda miliki. Tujuan utama Anda di sini adalah meningkatkan pendapatan perusahaan.
Tetapkan skala partumbuhan bisnis
Sebuah organisasi terbaik adalah bisa memahami batasan kapasitas mereka. Apapun produk atau layanan yang dimiliki oleh bisnis, artinya Anda wajib mempersiapkan pertumbuhan perusahaan dan mengatasi segala tantangan yang akan terjadi dan dihadapi.
Baca Juga: Punya Bisnis di Bidang Pendidikan? Yuk, Ikutan Forum Inspirasi Pintek Biz
Tekankan kepada tim baru Anda tentang kenyataan tersebut. Tim Anda juga termasuk asset yang dimiliki perusahaan. Siapkan mereka dengan pelatihan, kenalkan pada produk atau layanan Anda secara menyeluruh, dan dorong agar kemampuan intelektual mereka menjadi dukungan penting bagi rencana pertumbuhan yang akan dilakukan.
Jangan lupakan visi, misi, dan nilai perusahaan
Ingat, semua yang Anda lakukan disini bukan melulu tentang margin perusahaan. Tim baru Anda butuh gambaran yang jelas tentang masa depan perusahaan Anda. Mulai dari pasar, produk, layanan, lokasi, fungsi, dan sumber daya yang dibutuhkan untuk menyampaikan gambaran-gambaran tersebut.
Tentukan juga bagaimana Anda ingin perusahaan Anda dilihat oleh pelanggan, karyawan, calon karyawan, pemasok, pesaing, dan pemangku kebijakan. Di sinilah visi perusahaan Anda dijelaskan sebagai masa depan.
Misi Anda adalah menjelaskan apa yang harus dilakukan bisnis Anda untuk mewujudkan masa depan tersebut. Nilai dari perusahaan Anda akan menggambarkan bagaimana Anda dan tim bisa menyelesaikan misi tersebut.
Mungkin saja, nantinya yang akan terjadi adalah Anda sebenarnya bisa mencapai tujuan besar yang sebelumnya tidak pernah Anda bayangkan. Namun bukan itu intinya. Sebab ketika Anda sebagai pemilik bisnis memiliki cita-cita untuk tumbuh, maka Anda mesti bergerak melampaui angka yang ditetapkan.
Pertanyaannya, tanpa sebuah visi yang menarik, bagaimana Anda bisa menginspirasi tim Anda? Tanpa misi yang jelas, bagaimana mereka – tim Anda – dapat berkomitmen penuh mengikuti perjalanan ke depan dan membantu Anda mengembangkan rencana pertumbuhan yang berarti?
Bahkan lebih jauh lagi, tanpa pemahaman yang baik tentang nilai perusahaan, bagaimana juga tim Anda bisa berkembang untuk berinteraksi dengan pelanggan dan pemasok. Maksudnya berinteraksi satu sama lain dengan cara yang konsisten dan koheren, mengikuti cara Anda menjalankan bisnis?
Apa yang paling istimewa dari perusahaan Anda?
Apa yang membuat organisasi Anda istimewa bagi pelanggan? Idealnya, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah perpaduan kompleks antara kemampuan dan nilai yang sangat sulit ditiru oleh pesaing. Namun ini adalah tentang kompetensi perusahaan Anda.
Aset yang tidak berwujud seperti pengetahuan, keterampilan, dan ide kreatif, pada bisnis modern seperti saat ini selalu diutamakan. Karena saat ini banyak bisnis sukses dibangun karena adanya aset intelektual dibanding aset berwujud seperti bangunan dan peralatan.
Baca Juga: Strategi Jitu Kembangkan Produk dan Layanan Sepanjang Tahun
Namun, apapun yang membuat Anda berbeda, jika pelanggan tidak menghargainya, maka hal itu tidak akan membantu bisnis Anda untuk tumbuh. Jadi, dapatkah Anda menjelaskan bagaimana nilai istimewa ini bisa meningkatkan pengalaman pelanggan Anda terhadap produk atau layanan yang ada? Jika Anda memiliki formula khusus untuk hal itu, maka siap-siap pesaing Anda akan mencoba menirunya.
Jadi, sangat penting untuk berinvestasi dalam ‘titik perbedaan’. Kemudian lindungi, pertahankan, dan coba untuk memperkuatnya. Kekayaan Intelektual Anda mungkin dilindungi dalam Hak Paten, Merek Dagang, Desain Terdaftar atau Hak Cipta. Tetapi seringkali Anda tidak sadar bentuknya lebih halus dari itu.
Jika bisnis Anda saat ini adalah bisnis pengadaan peralatan sekolah, jangan ragu memanfaatkan pendanaan yang ditawarkan oleh Pintek.
Pasalnya, Pintek memberikan solusi layanan keuangan kepada para pemangku di dunia pendidikan, termasuk UKM yang menawarkan barang dan jasa untuk mendukung pendidikan di Indonesia. Di Pintek, UKM pendidikan yang membutuhkan modal bisnis dapat mengajukan pinjaman dana melalui dua jenis produk pendanaan yang tersedia, yaitu Pendanaan PO Invoice dan PO/Invoice SIPLah.
Pendanaan PO Invoice bisa digunakan oleh para pelaku usaha pendudukan untuk memenuhi pesanan dari sekolah atau lembaga pendidikan lainnya. Produk pendanaan ini berupa invoice financing untuk membayar faktur atau tagihan pemohon kepada vendor.
Pendanaan ini dapat digunakan guna membayar semua jenis pembelian dan pengadaan barang oleh lembaga pendidikan (sebagai pembeli), termasuk infrastruktur. Serta bisa dipakai untuk membayar kegiatan lainnya seperti proyek, acara, maupun promosi di lembaga pendidikan.
Sedangkan Pendanaan PO Invoice SIPLah ditujukan untuk para pelaku usaha di sektor pendidikan, yang secara khusus telah berkecimpung di SIPLah.
Melalui pendanaan ini, UKM pendidikan bisa mendapatkan pembiayaan hingga Rp2 miliar hanya dengan menjaminkan invoice yang sedang berjalan.
Dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk memenuhi seluruh pesanan dari sekolah atau lembaga pendidikan seperti pengadaan media pembelajaraan elektronik, renovasi infrastruk sekolah dan lain sebagainya.
Selain itu, Pintek merupakan salah satu perusahaan teknologi finansial yang legal karena sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pintek juga terdaftar di Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) dan menerapkan standar kebijakan privasi berdasarkan sertifikasi ISO 27001:2013 yang menjamin data dan informasi peminjam.
Informasi menarik seputar Pintek bisa didapatkan dengan mengunjungi laman Instagram Pintek di @pintek.id dan @pintek.biz.