Tips Bisnis

Tips Memilih Platform Jualan Online yang Paling Ok

Ada banyak pilihan platform jualan online saat ini. Untuk mendapatkan keuntungan yang optimal, Anda harus memilih platform yang paling sesuai. Saat pandemi, semakin banyak orang yang memilih untuk berbelanja online. Dari survei yang dilakukan The Trade Desk ditemukan fakta, konsumen Indonesia berbelanja online setidaknya satu kali dalam satu bulan. Keuntungan berbelanja online adalah lebih praktis dan mudah dilakukan dari mana saja. Itulah sebabnya, tren jualan online semakin marak. Nah, untuk memilih platform jualan online yang paling sesuai, simak tips berikut ini.

1.      Perhatikan Target Customer

Sebelum memulai bisnis jualan online, hal pertama yang perlu diketahui adalah target yang akan dituju. Siapa yang akan menjadi sasaran penjualan Anda? Jika berencana untuk menjual produk kepada konsumen perorangan maupun bisnis, Anda bisa memilih marketplace yang populer digunakan saat ini.

2.      Pilih Platform yang Mudah Diakses

Cara jualan online yang paling mudah adalah memanfaatkan platform yang telah tersedia. Dengan demikian, Anda tidak perlu menghabiskan dana yang besar untuk membangun toko online sendiri. Namun, karena banyaknya jenis platform yang tersedia saat ini, Anda mungkin akan merasa bingung memilih mana yang paling sesuai. Salah satu hal yang dapat menjadi pertimbangan adalah kemudahan akses. Kemudahan yang dimaksud berlaku bagi konsumen maupun penjual. Konsumen pada umumnya lebih menyukai platform jualan online yang menawarkan kepraktisan saat berbelanja. Bagi penjual, kemudahan mendaftar dan mengelola barang di platform yang dipilih juga patut dipertimbangkan. Seperti Pintek, salah satu platform P2P yang mudah diakses oleh siapapun.

3.      Harus Memiliki Fitur yang Dibutuhkan

Supaya dapat memberikan pengalaman berbelanja yang optimal kepada konsumen, platform untuk berjualan harus dilengkapi sejumlah fitur penting. Salah satu fitur yang sangat membantu adalah fitur Search atau Cari. Fitur ini membantu konsumen mencari barang yang dibutuhkan dari sekian banyak produk yang ditawarkan. Selain itu, fitur Filter juga tidak kalah penting. Konsumen akan lebih mudah melakukan penyortiran produk yang ingin dibeli melalui fitur ini. Untuk membantu pengelompokan, ada fitur Kategori. Hal lain yang perlu diperhatikan ketika memilih platform untuk berjualan adalah sistem pembayaran yang digunakan.

4.     Pertimbangkan Biaya yang Dibutuhkan

Jualan online tanpa modal pada masa sekarang sangat mungkin untuk dilakukan. Namun, Anda perlu mempersiapkan biaya yang harus dibayar ketika menggunakan suatu platform jualan online. Biasanya, biaya tersebut dihitung dari persentase jumlah penjualan yang didapatkan. Ketentuan biaya tersebut berbeda-beda pada setiap platform. Karena itu, ada baiknya Anda membandingkannya terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan. Mengetahui besaran biaya yang harus dibayar juga akan membantu Anda dalam menghitung jumlah pengeluaran. Dengan demikian, profit yang didapatkan lebih jelas dan terencana. Nah, itulah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memilih platform jualan terbaik. Dengan memilih platform terbaik, apa pun ide jualan online Anda akan bisa terakomodasi dengan baik. Hasil keuntungan yang diperoleh pun bisa lebih optimal. Tidak perlu khawatir soal dana karena Anda dapat mengajukan pendanaan di Pintek apabila mendapatkan order melalui produk PO Financing yang memungkinkan bisnis Anda mendapatkan bantuan pembayaran pesanan. Cara untuk mendapatkan pendanaan di Pintek cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan diskusi pendanaan, mengirim dokumen yang ditentukan, dan menunggu penilaian kualitas pinjaman. PT Pinduit Teknologi Indonesia, Pintek, adalah perusahaan teknologi finansial, fintech, yang menawarkan pendampingan kepada bisnis untuk maju dan #AmbilLangkahBesar dengan menyediakan akses pendanaan untuk kegiatan bisnis dari berbagai sektor seperti FMCG, Fesyen & Kecantikan, Bahan Bangunan dan sektor lainnya yang telah terdaftar dan diawasi OJK. Informasi menarik seputar Pintek bisa didapatkan dengan mengunjungi laman Instagram Pintek di @pintek.id.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Back to top button