
4 Pertanyaan yang Bisa Membuat Bisnis Anda Lebih Sukses
Merasa bisnis Anda seakan berhenti tanpa ada kemajuan? Bingung mau arah pengembangan bisnis apa lagi yang harus dilakukan? Sedangkan kondisi pandemi masih berlangsung dan terus memengaruhi keuntungan bisnis.
Jika pertanyaan dan kebingungan bisnis Anda demikian, maka Anda tidak sendiri. Apalagi kondisi pandemi membuat banyak bisnis akhirnya harus menata ulang arah dan tujuannya. Bahkan berbagai rencana cadangan dibuat hingga beberapa versi untuk diuji coba.
Banyak pebisnis sukses yang mengatakan, sebuah kesuksesan bisnis tidak bisa diraih secara mudah seperti membalikkan telapak tangan. Klise memang, tapi kenyataan itulah yang terjadi. Bisnis perlu perjuangan.
Nyatanya, kesuksesan berbisnis tidak bisa dicapai seperti berlari sprint agar bisa langsung sampai ke tujuan. Harus dikatakan, banyak juga yang melakukan hal itu. Tapi karena terlanjur kelelahan untuk langkah selanjutnya, maka kesuksesan yang diraih akhirnya tidak berlanjut dan berkesinambungan.
Idealnya, seperti dikatakan banyak pakar bisnis, meraih kesuksesan bisnis seperti berlari marathon. Anda tahu arah dan tujuan yang ingin dicapai, tetap berlari, namun di sini melakukan pengelolaan energi untuk mencapainya.
Nah, beberapa pertanyaan dalam pengembangan bisnis yang akan disebutkan pada artikel ini, setidaknya harus memiliki jawaban tepat dari Anda sebagai pemilik bisnis. Dengan begitu, kebingungan-kebingungan Anda yang diungkap di paragrap awal pembuka artikel ini bisa terjawab. Apa saja?
Fokus layanan pelanggan, sudahkah bisnis Anda melakukan itu?
Karena layanan buruk yang dimiliki oleh sebuah usaha atau bisnis, lebih dari separuh pelanggan yang dimiliki bisnis tersebut akhirnya pergi dan tidak kembali. Bukan hanya sekadar terjadi, kenyataan itu sudah banyak dibuktikan dengan berbagai penelitian tentang bisnis.
Bahkan, sebuah penelitian secara gamblang ada yang mengatakan, ketika sebuah bisnis atau usaha memberikan satu pengalaman negatif ke pelanggannya, maka bisnis atau usaha tersebut butuh 10 pengalaman positif dari pelanggannya untuk menutupi hal tersebut. Agak sulit, bukan?
Patut selalu diingat, pelanggan setia bagi sebuah bisnis atau usaha itu adalah segalanya. Mereka akan memudahkan bisnis Anda. Bahkan kebanyakan bisa menularkan pengaruh positif lagi ke pelanggan lain dengan merekomendasikan bisnis atau usaha Anda secara gratis.
Inilah pentingnya menjadikan layanan pelanggan sebagai salah satu prioritas utama dalam berbisnis atau berwirausaha. Sekarang juga, mulai cek layanan pelanggan yang dimiliki bisnis Anda. Apakah sudah memberikan hal positif kepada pelanggan dengan memberikan yang terbaik.
Bila perlu, coba bandingkan layanan yang Anda miliki dengan pesaing. Jangan segan keluarkan sedikit bujet untuk peningkatan yang dilakukan, misal memberikan pelatihan kepada karyawan.
Ketika berikan layanan pelanggan terbaik, apakah bisnis Anda jadi perbincangan di luar sana?
Banyak penelitian yang sudah mengungkapkan, word of mouth adalah strategi marketing yang cukup efektif untuk merekomendasikan suatu produk atau layanan. Sederhananya, ketika seorang pelanggan puas dengan produk atau layanan dari bisnis yang Anda miliki, selanjutnya pelanggan tersebut akhirnya tidak segan untuk merekomendasikan lagi ke orang terdekatnya.
Nilai plusnya, rekomendasi yang diberikan oleh pelanggan tersebut terkadang gratis. Motif rekomendasinya biasanya hanya karena pelanggan tersebut suka atau puas dengan produk atau layanan tersebut.
Ketika hal tersebut terjadi, penyampaian rekomendasi yang dilakukan pelanggan tersebut akan menggunakan bahasa sederhana, bahasa sehari-hari, dan bisa jadi lebih dimengerti dan lebih bisa memengaruhi. Asyik, bukan?!
Apalagi bisnis Anda konsep marketingnya memiliki target komunitas kecil atau area tertentu saja. Strategi ini akan semakin efektif. Harus diakui, saat ini rata-rata konsumen mencari informasi melalui internet dahulu sebelum membeli sebuah produk atau layanan.
Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Menjanjikan Alat Permainan Edukatif
Namun ketika respon positif terhadap produk atau layanan Anda sudah berlangsung dan didengar oleh konsumen tersebut, jaminannya konsumen itu akan langsung mencari merek Anda. Meski harus dilakukan lewat internet.
Pertanyaannya, bagaimana melakukan hal ini? Kembali lagi ke poin pertanyaan pertama, cobalah untuk selalu berikan layanan dan produk terbaik ke pelanggan. Selanjutnya dengan sendirinya pelanggan Anda akan menyampaikan hal positif kepada orang-orang terdekatnya tentang pengalaman memakai layanan atau produk Anda.
Anda juga bisa menciptakan terjadinya word of mouth tentang bisnis Anda dengan membuat program positif yang dianggap bisa menguntungkan pelanggan dan bisa selalu diingat mereka. Tapi ingat, tentukan dahulu segmentasi pasar yang akan ditarget.
Sudahkah bisnis Anda terjangkau online secara mudah?
Lagi-lagi, zaman sekarang teknologi internet memengaruhi semua orang. Menyita waktu mereka untuk menghabiskan waktu setiap harinya dan membuat semua orang akhirnya ketergantungan. Dengan adanya pola perilaku tersebut, bisnis Anda pun sudah seharusnya menggunakan kesempatan yang ada.
Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan, lebih dari 90% konsumen saat ini menggunakan internet untuk mencari layanan atau produk yang ingin dibelinya. Jadi, sebelum akhirnya membeli, mereka akan cek produk atau layanan tersebut. Membaca dan melihat ulasan-ulasan yang sudah diberikan, untuk menguatkan pertimbangan dalam keputusan pembelian.
Buatlah situs web tentang bisnis Anda. Cantumkan logo, nama bisnis, ulasan singkat tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan, kemudian cantumkan cara untuk menghubungi bisnis Anda. Jangan lupa, cantumkan juga alamat bagaimana konsumen bisa menjangkau bisnis Anda secara offline. Jangan lupa tautkan alamat toko offline Anda tersebut ke Google Map.
Anda tidak bisa membuat situs web sendiri? Solusinya mudah. Cobalah hubungi agensi yang bisa melakukannya. Saat ini banyak jasa murah membuat website yang bisa dicari melalui internet. Anda tinggal pilih, dan bayar. Gampang!
Selain situs web, kehadiran online yang bisa dibuat adalah melalui media sosial. Bahkan medium ini bisa disesuaikan tergantung dari target pasar yang Anda miliki. Mulai dari Facebook, Instagram, YouTube, Twitter, adalah standar media sosial yang bisa dimiliki. Anda bisa membuat akunnya secara gratis.
Bagaimana pengelolaan media sosial untuk bisnis? Lagi-lagi, saat ini banyak agensi yang menawarkan jasa manajemen sosial media murah. Tinggal pilih, nego harga, arahkan, selanjutnya pakai.
Kapan terakhir kali Anda memperbarui rencana bisnis?
Ketika baru merintis bisnis, sudah tentu Anda membuat rencana bisnis atau bisnis plan. Pertanyaannya, kapan terakhir kali Anda memperbarui rencana bisnis tersebut? Jangan-jangan karena kesibukan, business plan tersebut sudah tidak pernah disentuh lagi lebih dari dua tahun, atau bahkan lebih.
Memang, sebuah rencana bisnis adalah hal penting ketika merintis bisnis baru. Dari rencana bisnis itu Anda bisa mengukur target, pencapaian kemajuan bisnis, hingga mengukur keuangan. Namun bukan artinya rencana bisnis jadi tidak penting lagi untuk bisnis yang sudah berjalan. Sebab dari situlah pengukuran-pengukuran bisa dilakukan.
Karena itu idealnya sebuah rencana bisnis mesti diperbarui setiap tahun. Dari prosesnya Anda bisa melihat dan mengukur pencapaian yang sudah diraih. Selanjutnya Anda pun bisa menentukan arah dan tujuan baru dari pembelajaran yang dilakukan. Jika bingung melakukannya, saat ini banyak contoh bisnis plan terbaru yang bisa diikuti di internet.
Jika saat ini Anda sudah memiliki bisnis yang bergerak di bidang pengadaan peralatan sekolah, maka jangan ragu memanfaatkan pendanaan yang ditawarkan oleh Pintek.
Pintek memberikan solusi layanan keuangan kepada para pemangku di dunia pendidikan, termasuk UKM yang menawarkan barang dan jasa untuk mendukung pendidikan di Indonesia. Di Pintek, UKM pendidikan yang membutuhkan modal bisnis dapat mengajukan pinjaman dana melalui dua jenis produk pendanaan yang tersedia, yaitu Pendanaan PO Invoice dan PO/Invoice SIPLah.
Pendanaan PO Invoice bisa digunakan oleh para pelaku usaha pendudukan untuk memenuhi pesanan dari sekolah atau lembaga pendidikan lainnya. Produk pendanaan ini berupa invoice financing untuk membayar faktur atau tagihan pemohon kepada vendor.
Pendanaan ini dapat digunakan guna membayar semua jenis pembelian dan pengadaan barang oleh lembaga pendidikan (sebagai pembeli), termasuk infrastruktur. Serta bisa dipakai untuk membayar kegiatan lainnya seperti proyek, acara, maupun promosi di lembaga pendidikan.
Sedangkan Pendanaan PO Invoice SIPLah ditujukan untuk para pelaku usaha di sektor pendidikan, yang secara khusus telah berkecimpung di SIPLah.
Melalui pendanaan ini, UKM pendidikan bisa mendapatkan pembiayaan hingga Rp2 miliar hanya dengan menjaminkan invoice yang sedang berjalan.
Dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk memenuhi seluruh pesanan dari sekolah atau lembaga pendidikan seperti pengadaan media pembelajaraan elektronik, renovasi infrastruk sekolah dan lain sebagainya.
Selain itu, Pintek merupakan salah satu perusahaan teknologi finansial yang legal karena sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pintek juga terdaftar di Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) dan menerapkan standar kebijakan privasi berdasarkan sertifikasi ISO 27001:2013 yang menjamin data dan informasi peminjam.
Informasi menarik seputar Pintek bisa didapatkan dengan mengunjungi laman Instagram Pintek di @pintek.id dan @pintek.biz.