Tips Bisnis

Cara Cepat Untung, Pakai 3 Resolusi Bisnis Ini

Pandemi telah mereda. Rencana pengembangan usaha yang sempat tertunda, di tahun ini jadi komitmen yang mesti direalisasikan secepatnya. Nah, beberapa catatan resolusi bisnis ini bisa jadi acuan strategi jitu Anda. Kembalinya aktivitas bisnis yang dalam dua tahun ke belakang banyak yang merayap karena dampak pandemi Covid-19, memberikan tantangan tersendiri bagi Anda para pemilik usaha. Mulai dari rencana, modal, hingga strategi wajib dimiliki. Tujuannya jelas, agar bisnis Anda bisa berjalan kembali dan berkembang meraih kesuksesan melampaui sebelumnya. Agar bisnis semakin sukses dan berjaya, tiga catatan resolusi bisnis berikut ini bisa menjadi langkah awal. Dengan begitu Anda sebagai pelaku usaha bisa memiliki rasa optimis untuk meraih keuntungan berlipat. Yuk langsung simak resolusi bisnis yang bisa Anda terapkan untuk satu tahun kedepan.

1. Perbarui rencana bisnis yang bikin rugi

Di sini diperlukan perencanaan ulang. Coba cek catatan Anda kembali, apakah ada rencana bisnis yang ternyata bikin bisnis Anda merugi atau tidak mendapatkan keuntungan. Jika ada, maka tinggalkan! Buatlah perencanaan ulang yang penuh perhitungan. Jadi seperti membuat peta bisnis baru yang bisa memandu bisnis Anda lebih maju. Dengan begitu Anda bisa lebih teratur dan berada berada di jalur pencapaian kesuksesan bisnis. Misal di rencana tersebut Anda memutuskan untuk menambah modal bisnis, maka langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengejar investor atau mitra baru yang bisa bekerja sama. Rencana bisnis penuh perhitungan yang sudah Anda buat bisa menjadi alat dan modal untuk meyakinkan pihak luar tersebut. Dengan rencana tersebut Anda bisa menggambarkan secara detail tentang pengembangan bisnis yang akan dilakukan. Mulai dari perencanaan keuangan bisnis, tujuan, riset pesaing, ide pemasaran, dan lainnya untuk mencapai tujuan memajukan bisnis yang berkesinambungan. Baca Juga: Jangan Langsung Tergiur, Ini Tips Pilih Pinjaman Online Tepercaya Buat Modal Usaha

2. Buat strategi pemasaran bisnis

Ketika mengecek strategi bisnis yang dilakukan sebelumnya, tentu Anda akan menemukan banyak pertanyaan yang harus dijawab. Meski merugi, apakah ada yang Anda anggap berhasil dan memberikan sedikit keuntungan? Bagaimana dengan strategi pemasarannya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut wajib memiliki jawaban untuk menambah catatan ketika Anda membuat perencanaan. Khususnya ketika membuat strategi pemasaran. Identifikasi upaya pemasaran apa yang sudah Anda jalankan dan akhirnya bisa membantu di tahun sebelumnya. Tambahkan inovasi-inovasi yang bisa memperbarui strategi pemasaran yang sedang dibuat tersebut. Jangan lupa untuk melihat peluang baru yang bisa dijajaki di tahun ini. Mulai dari cara Anda berpromosi, jenis produk atau jasa yang bisa dijual, dan tujuan daerah pemasaran yang bisa dilakukan. Buatlah prioritas. Dengan begitu Anda juga bisa menentukan anggaran pemasaran yang diyakini bisa mendapatkan keuntungan besar.

3. Meluaskan jaringan dan mitra

Dengan rencana bisnis dan strategi pemasaran yang sudah dibuat dengan matang dan penuh perhitungan, nantinya Anda akan sibuk dengan para pelanggan yang terus bertambah. Ketika itu terjadi, di sinilah Anda perlu berpikir untuk menambah jaringan dan mitra bisnis. Usaha ini akan membuat bisnis Anda bisa terus meroket memberikan keuntungan. Contohnya dengan membuka toko baru atau menambah rantai pasokan di daerah perluasan baru. Semakin banyak mitra dan jaringan yang Anda miliki, maka semakin luas pula jangkauan bisnis Anda.

4. Pengelolaan Keuangan Bisnis

Pada prakteknya untuk mencapai tujuan bisnis yang berkelanjutan, sebuah bisnis membutuhkan arus keuangan yang baik. Arus kas yang baik atau arus kas positif biasanya terjadi ketika sebuah bisnis sudah memiliki margin untung yang lebih tinggi dari biaya operasional (opex) dan atau sebuah bisnis bisa mengajukan pendanaan untuk memastikan bahwa arus kas perusahaan terjaga. Anda dapat mengajukan di Pintek sekarang! PT Pinduit Teknologi Indonesia, Pintek, adalah perusahaan teknologi finansial, fintech, yang menawarkan pendampingan kepada bisnis untuk maju dan #AmbilLangkahBesar dengan menyediakan akses pendanaan untuk kegiatan bisnis dari berbagai sektor seperti FMCG, Fesyen & Kecantikan, Bahan Bangunan dan sektor lainnya yang telah terdaftar dan diawasi OJK. Informasi menarik seputar Pintek bisa didapatkan dengan mengunjungi laman Instagram Pintek di @pintek.id.

Artikel Terkait

Back to top button